Kecelakaan

2 Nyawa Melayang, Penyebab Kecelakaan Maut di Nglegok Blitar Didalami Polisi, Dipicu Sopir Ngantuk?

Satlantas Polres Blitar Kota masih menyelidiki peristiwa kecelakaan maut di Nglegok Blitar, Jumat (6/1/2023). 

Penulis: Samsul Hadi | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/SAMSUL HADI
Petugas PLN membenahi jaringan listrik yang putus setelah tiang roboh ditabrak truk di Desa Kedawung, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jumat (6/1/2023). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Samsul Hadi

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Satlantas Polres Blitar Kota masih menyelidiki peristiwa kecelakaan maut di Nglegok Blitar, Jumat (6/1/2023). 

Di mana kecelakaan melibatkan truk dan sepeda motor itu mengakibatkan dua orang meninggal dunia di Jalan Raya Desa Kedawung, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, 

Kasat Lantas Polres Blitar Kota, AKP Mulya Sugiharto mengatakan hasil penyelidikan sementara, penyebab kecelakaan karena sopir tidak konsentrasi saat mengemudikan truk.

"Hasil penyelidikan sementara, diduga pengemudi tidak konsentrasi. Tidak konsentrasi ini masih kami dalami, apakah karena mengantuk atau lalai. Sopir masih dalam perawatan di Rumah Sakit, belum bisa dimintai keterangan," kata Mulya. 

Seperti diketahui, kecelakaan maut antara truk dan sepeda motor di Jalan Raya Desa Kedawung, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, menyebabkan dua orang meninggal dunia, Jumat (6/1/2023). 

Dua korban meninggal dunia, yaitu, Joni Siswanto (27), warga Desa Kedawung, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, kenek truk dan Pipit Agus Setiawan (28), warga Desa Ngoran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, pengendara sepeda motor. 

Baca juga: Kecelakaan Maut di Nglegok Blitar, Truk Oleng Tabrak Motor hingga Terseret 50 Meter, 2 Orang Tewas

Baca juga: Lokasi Kecelakaan Maut Truk dan Motor di Blitar Terkenal Jalur Rawan Laka, Ramai Dilewati Truk Pasir

Sedang sopir truk Richo Dwi Sasongko (22), selamat dan hanya mengalami luka ringan akibat kecelakaan tersebut.

Mulya menjelaskan, dari hasil olah TKP dan keterangan beberapa saksi, truk yang melaju dari selatan ke utara sempat oleng sebelum menabrak sepeda motor dan tiang listrik di lokasi.

"Untuk kecepatan truk tinggi atau tidak juga masih kami dalami, karena di lokasi jalannya sempit. Yang jelas, truk sempat oleng lalu menabrak sepeda motor dari arah berlawanan dan tiang listrik," ujarnya.

Menurut Mulya, jalur di wilayah Kecamatan Nglegok memang rawan terjadi kecelakaan lalu lintas. 

Kondisi jalan di wilayah Kecamatan Nglegok rata-rata sempit, sedang arus lalu lintas lumayan ramai. 

Baca juga: Ngerinya Kecelakaan Maut di Malang, 3 Orang Tewas usai Dua Motor Bertabrakan di Bululawang

Kondisi truk yang terlibat kecelakaan di Jalan Raya Desa Kedawung, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jumat (6/1/2023).
Kondisi truk yang terlibat kecelakaan di Jalan Raya Desa Kedawung, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jumat (6/1/2023). (tribunjatim.com/Samsul Hadi)

Baca juga: Ngerinya Kecelakaan di Benowo, Pemotor di Surabaya Tergilas Truk Trailer, Warga sampai Berteriak

Apalagi, jalan di kawasan Kecamatan Nglegok juga menjadi jalur truk bermuatan pasir. 

"Kami sering memberikan imbauan agar aktivitas truk pasir lewat jalan yang sesuai, artinya tidak lewat jalan kecil. Karena kalau jalan kecil dilewati truk bermuatan berat mudah rusak. Kami hanya bisa memberikan imbauan tidak bisa menghalangi mereka lewat," katanya. 

Untuk itu, Mulya meminta pemerintah daerah memperhatikan kondisi jalan di kawasan Kecamatan Nglegok. Pemerintah diminta untuk meningkatkan kualitas jalan. 

"Selain itu, kami juga mengimbau masyarakat agar tertib dalam berkendara meskipun di jalan desa. Minimal tetap memakai helm saat naik sepeda motor,"

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved