TribunJatim/

Libur Long Weekend, Makam Sunan Giri Diserbu Peziarah

Makam Wali Songo di Gresik diserbu ribuan peziarah saat musim liburan long weekend Idul Adha.

Libur Long Weekend, Makam Sunan Giri Diserbu Peziarah
SURYA/SUGIYONO
Kendaraan pengunjung Makam Sunan Syeh Maulana Malik Ibrahim Gresik memenuhi jalan raya dan membludak, saat libur panjang Idul Adha, Minggu (3/8/2017). 

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Liburan panjang Hari Raya Idul Adha sejak Jumat sampai Minggu (1-3 September 2017) membuat pengunjung makam Sunan Giri dan Sunan Syech Maulana Malik Ibrahim di Gresik membludak diserbut para peziarah.

Membludaknya ribuan peziarah terlihat dari kendaraan yang di parkir dan memenuhi area sekitar makam yang berada di wilayah Gresik tersebut.

Para pengunjung yang kebanyakan dari luar kota. Mulai Bojonegoro, Tuban, Pulau Madura dan Jawa Tengah serta berbagai daerah lain.

(Musim Anomali dan Langka, Probolinggo Berhasil Penen Perdana Bawang Merah Super)

Mereka berbondong-bondong datang ke makam penyiar ajaran Islam di Pulau Jawa untuk melihat dari dekat makam tokoh Islam dan melaksanakan doa bersama.

Libur panjang di hari raya idul adha ini digunakan bagi umat muslim untuk mendekatkan diri pada Allah Yang Maha Esa.

"Kami belum bisa datang ke Tanah Suci Makah. Sehingga kami tetap bersyukur dengan mendatangi makam-makam penyebar ajaran Islam, sehingga bisa tetap mendekatkan diri pada Allah," kata Mustakim, rombongan dari Bojonegoro, Minggu (4/8/2017).

(Pesta Miras di Malam Takbiran, 1 Tewas, 1 Kritis, 9 Orang Nyungsep di IGD)

Selama ini makam Sunan Giri dan Makam Syech Maulana Malik Ibrahim selalu rame dikunjungi umat Islam dari seluruh tanah air dan luar negeri.

Sebab, penyiar ajaran Islam di Pulau Jawa dikenal dengan nama Wali Sembilan.

Selain makam Wali Songo, di Gresik juga ada makam Sunan Prapen, yang berada di dekat makam Sunan Giri. 

Lalu ada juga tokoh-tokoh Islam lainnya terkenal di wilayah Gresik. Sepeti, Raden Santri, Nayai Ageng Arem-arem, Nyai Ageng Pinatih dan Siti Fatimah binti Maimun.

(Terungkap, Bus Indonesia Penyebab Maut Karambol di Kudus Masih Baru dan Remnya Tidak Blong, Lho Kok?)

"Tokoh-tokoh Islam ini banyak yang dimakamkan di Gresik. Sehingga sejak dulu sampai sekarang Gresik selau dikenal," imbuh Ahmad Fathoni, warga Gresik. (Surya/Sugiyono)

Penulis: Sugiyono
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help