TribunJatim/

Pengusaha Wanita Sukses asal Jombang Ngaku Protes ke Tuhan, Saat Dirinya Alami Hal Menyedihkan ini

Deraan nasib yang tak terkira sering membuat makhluk memprotes Tuhan yang menciptakannya. Termasuk apa yang pernah dilakukan pengusaha sukses ini.

Pengusaha Wanita Sukses asal Jombang Ngaku Protes ke Tuhan, Saat Dirinya Alami Hal Menyedihkan ini
SURYA/SUTONO
Sekjen KKP Rifky Effendi Hardijanto (dua dari kanan) dan Pengusaha Jombang Ida Widyastuti (tiga dari kiri) melihat dari dekat kolam lele sistem bioflok bantuan KKP di Yayasan Khoiriyah Hasyim Seblak, Jombang, Sabtu (6/1/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, JOMBANG - Budidaya ikan lele semakin diminati kalangan santri di Jombang, Jawa Timur, terutama dengan sistem bioflok yang digagas Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sejak tahun lalu.

Itu terlihat dari antusiasme para santri ketika digelar kuliah umum 'Mengembangkan Spirit Kewirausahaan di Kalangan Santri' di Yayasan Khoiriyah Hasyim Seblak, Jombang, dengan narasumber Sekjen KKP Rifky Effendi Hardijanto dan Pendiri Roemah Snack Mekarsari Ida Widyastuti, di aula yayasan setempat, Sabtu (6/1/2017).

Pada Di sistem bioflok ini, kebutuhan pakan bisa ditekan 50 persen. Di Tulungagung, untuk menghasilkan satu kilogram lele, dibutuhkan pakan 1,6 kilogram.

Berawal dari Coba-coba, Sri Malah Berhasil Jual Cake Tiwul Hingga Singapura dan Jadi Jutawan

Tapi dengan sistem bioflok, kebutuhan pakan ditekan hingga 0,8 kilogram," ungkap Rifky Effendi Hardijanto.

Penghematan itu, lanjut Rifky, diperoleh karena lelenya diberi pakan flok yang dihasilkan dari probiotik.

"Inilah pula yang membuat lele sistem bioflok menjadi higienis," imbuhnya.

Alumnus ITS Surabaya ini menceritakan, saat mendampingi kunjungan Presiden Jokowi ke Sumenep, awal Oktober lalu, rombongan presiden sempat disuguhi sashimi dari lele.

"(Sashimi lele) itu hanya bisa didapatkan dari hasil produksi kolam sistem bioflok. Rasanya enak, ada kenyal-kenyalnya seperti campuran antara salmon dan cumi," lanjutnya.

Nekat Keluar dari Zona Nyaman, Hamid Jadi Pioner Pembuat Tas Golf Ternama Tanggulangin

Halaman
123
Penulis: Sutono
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help