Semarak Ramadan 2018

Kuliner Nasi Pondokan Merdeka, Jadi Menu Favorit Selama Bulan Ramadan di Kota Kediri

Ingin menikmati kuliner bernuansa di pondok pesantren coba saja Nasi Pondokan di Hotel Merdeka, Kota Kediri.

Kuliner Nasi Pondokan Merdeka, Jadi Menu Favorit Selama Bulan Ramadan di Kota Kediri
(Surya/Didik Mashudi)
Menu Nasi Pondokan jadi kuliner favorit selama bulan Ramadan di Hotel Merdeka. 

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Ingin menikmati kuliner dengan nuansa dan serasa di lingkungan pondok pesantren coba saja Nasi Pondokan di Hotel Merdeka, Kota Kediri.

Menu kuliner ini menyajikan masakan khas pondokan yang dikemas di atas daun pisang. Aneka lauk dan sayur yang tersaji mengingatkan kita pada nasi berkat.

Menu Nasi Pondokan ini menjadi khas karena masakan disajikan di atas daun pisang. Ada tiga jenis Nasi Pondokan yang ditawarkan yakni Pondokan Merdeka, Pondokan Uduk dan Pondokan Pelangi.

Perbedaan katagori ini terkait dengan harga yang ditawarkan. Untuk Pondokan Merdeka ditawarkan Rp 45.000 per orang, Pondokan Uduk Rp 50.000 per orang dan Pondokan Pelangi Rp 55.000 per orang.

Baca: Antisipasi Penyalahgunaan Kendaraan Dinas, Pakde Karwo Larang Randin untuk Mudik

Order Nasi Pondokan ini harus dipesan untuk minimal 4 orang pemesan atau lebih. Perbedaan katagori juga ada perbedaan jenis lauk dan disajikan.

Namun semua jenis Nasi Pondokan ini terdiri menu sayur urap. Lauknya ada tahu, tempe, daging ayam, telur, kerupuk dan ikan asin.

Jika yang dipesan Pondokan Pelangi nasinya ada tiga warna yakni hijau, putih dan kuning. Sedangkan dua katagori lainnya semuanya nasi putih.

Nasi Pondokan ini memang disajikan pada daun pisang yang ditata memanjang. Menu nasi seperti ini memang yang sering disajikan di pondok pesantren. Cara makannya juga menggunakan tangan atau dipuluk.

Namun yang ingin menggunakan sendok juga disediakan. Karena dimakan ramai-ramai, nuansanya seperti makan di lingkungan pondok atau mengingat kita saat makan nasi berkat yang biasa disajikan saat selamatan di desa.

Karena butuh waktu untuk menata menu nasinya, pemesanan Nasi Pondokan tidak bisa dilakukan seketika. Harus order pesan, kemudian disiapkan menunya minimal H - 1.

Baca: Polres Blitar Kota Siap Membantu KPK Tangkap Wali Kota Blitar

Halaman
12
Penulis: Didik Mashudi
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help