Lebaran 2018

ASN Dilarang Nambah Libur Lebaran, Mokong Sanksi Tegas ini Harus Diterima

Semua Aparatur Sipil Negara (ASN) dilarang menambah libur usai cuti bersama Lebaran.

ASN Dilarang Nambah Libur Lebaran, Mokong Sanksi Tegas ini Harus Diterima
SURYA/HAORRAHMAN
Ilustrasi ASN saat mendapat pengarahan dari pimpinannya. 

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Pemkab Malang melarang semua Aparatur Sipil Negara (ASN) menambah libur usai cuti bersama Lebaran.

Pasalnya, waktu libur ASN pada Lebaran tahun ini sudah diberikan cukup panjang selama tujuh hari kerja.

Bupati Malang Rendra Kresna mengatakan, pihaknya telah memerintahkan inspektorat Pemkab Malang melakukan pengawasan ketat bagi ASN yang nekat menambah libur usai cuti bersama Lebaran.

Tahapan sanksi juga diminta disiapkan bagi ASN yang menambah libur sesuai peraturan yang ada.

"Silahkan nanti Inspektorat langsung memproses ASN yang menambah hari libur untuk disanksi administratif sesuai dengan tingkat kesalahannya," kata Rendra Kresna, kemarin.

Baca: Ritual Pemakaman Raja Viking Paling Mengerikan, ke Alam Baka Ditemani Wanita Berbalut Budaya Sperma

Disamping itu, dikatakan Rendra, pihaknya juga memastikan pelayanan terhadap masyarakat selama cuti bersama tidak akan terganggu. Terutama untuk pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kabupaten Malang.

"Seperti Rumah Sakit atau Dishub dan lainya dipastikan pelayanan akan terus berjalan melalui sistem piket," ucap Rendra Kresna.

Sekda Kabupaten Malang, Didik Budi Muljono menambahkan, jika tujuh hari kerja untuk cuti bersama dirasa sudah lebih dari cukup bagi ASN dalam berlebaran. Cuti bersama yang dimulai tanggal 11 Juni dan kembali masuk kerja secara normal pada 21 Juni 2018.

Memang, diakui Didik, ada sejumlah ASN yang bisa mendapat libur usai cuti bersama. Hal itu dikhususkan bagi ASN yang bekerja saat cuti bersama.

Baca: Pakde Karwo Larang Mobil Dinas dan Kendaraan Plat Merat Dipakai Mudik Lebaran

"Diantaranya ASN yang berhak mendapat penggantian cuti bersama Pegawai Rumah Sakit, Puskesmas, Dishub, Satpol PP dan petugas Pemadam Kebakaran," tandas Didik.

Sedangkan Kepala Dishub Kabupaten Malang, Hafi Lutfi mengatakan, pihaknya melarang ASN Dishub mengambil cuti lebaran.

Terutama bagi ASN yang terlibat dalam pengamanan Lebaran. Ini dikarenakan ASN Dishub yang menempati sejumlah pos pengamanan, pantauan, dan pos UPT memiliki tugas ikut mengamankan jalur mudik Lebaran.

"Kami sendiri juga tidak ambil libur dan terus berada di lapangan dalam rangka pengamanan jalur mudik di Kabupaten Malang," tegas Hafi Lutfi. (Surya/achmad amru muiz)

Penulis: Achmad Amru Muiz
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help