Pilkada Jombang

Incumbent Kena OTT KPK, Calon Demokrat dan PPP Menangi Pilkada Jombang Versi Hasil Sementara KPU

Calon yang diusung Demokrat dan PPP menang Pilkada Jombang setelah calon incumbent kena OTT KPK.

Incumbent Kena OTT KPK, Calon Demokrat dan PPP Menangi Pilkada Jombang Versi Hasil Sementara KPU
SURYA/SUTONO
Pasangan Mundjidah Wahab-Sumrambah di kantor KPU setempat saat pendaftaran calon Pilkada Kabupaten Jombang 2018. 

TRIBUNJATIM.COM, JOMBANG - Klaim Timses pasangan Cabup/cawabup Mundjidah Wahab-Sumrambah yang menyatakan jagonya memenangi Pilkada Jombang, tampaknya bakal jadi kenyataan.

Hal ini setidaknya berdasarkan hitungan sementara KPU Jombang, pasangan Mundjidah-Sumrambah saat ini mengungguli dua pesaingnya dalam perolehan suara.

Hitung cepat KPU yang berdasarkan akumulasi data perolehan suara dari model C1, menyebutkan Mundjidah Wahab-Sumrabah meraih 203.271 suara atau 49,65 persen.

Pasangan yang diusung PPP, Demokrat dan Gerindra serta parpol nonparlemen Perindo ini unggul jauh atas dua penantangnya, yakni paslon nomor urut 2 Nyono Suharli Wihandoko-Subaidi Mukhtar yang juga incumbent, dan paslon Syafiin-Choirul Anam.

Baca: Tim Sukses Saling Klaim Menangi Pilkada Jombang

Paslon nomor urut 2, Nyono Suharli Wihandoko-Subaidi sementara memperoleh 137.177 suara atau 33,51 persen. Sedangkan pasangan nomor urut 3, Syafiin-Choirul Anam (Syahrul) hanya meraih 68.964 suara atau 16,84 persen.

Keunggulan sementara pasangan Mundjidah Wahab-Sumrambah ini berdasarkan 63,67 persen atau 1.367 suara masuk dari 2.147 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Jumlah surat suara itu tercatat masuk hingga pukul 16.15 WIB.

Komisioner KPU Kabupaten Jombang, Muh Fatoni mengungkapkan selama pelaksanaan pemberian hak suara di Pilkada Jombang, KPU menargetkan hingga 75 persen untuk tingkat kehadiran masyarakat atau partisipasi masyarakat.

Jumlah itu dinilai realistis mengingat tingkat kehadiran masyarakat di pilkada 2013 lalu mencapai hingga 70,02 persen.

"Target nasional 77,5 persen, dan kami sudah menargetkan hingga 75 persen," kata Fatoni kepada Surya, Kamis (28/6/2018).

Baca: Hasil Lengkap Quick Count Litbang Kompas Pilgub Jatim: Khofifah Unggul 6,72% Atas Gus Ipul

Fatoni mengaku sudah mengimbau masyarakat Kabupaten Jombang untuk memberikan hak suaranya di Pilkada. Sebab pemilihan ini untuk memilih kepala daerah lima tahun ke depan.

Halaman
12
Penulis: Sutono
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help