Pilkada Jombang

Tim Sukses Saling Klaim Menangi Pilkada Jombang

Saling klaim keunggulan perolehan suara hasil quick count terjadi di Pilkada Jombang antar tim sukses.

Tim Sukses Saling Klaim Menangi Pilkada Jombang
SURYA/SUTONO
Tiga pasangan di Pilkada Jombang saat pengundian nomor urut di kantor KPU setempat, Selasa (13/2/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, JOMBANG – Tidak adanya lembaga independen yang menggelar quick count dalam pilkada Jombang berdampak kepada munculnya saling klaim keunggulan perolehan suara.

Pilkada Jombang diikuti tiga pasangan calon. Masing-masing, paslon nomor urut 1 Mundjidah Wahab-Sumrambah, kemudian pasangan nomor urut 2 Nyono Suharli -Subaidi Muhtar dan paslon nomor tiga M Syafiin-Choirul Anam.

Tim sukses dari dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Jombang baik Mundjidah Wahab-Sumrambah maupun Nyono Suharli-Subaidi Muhtar saling klaim menang dalam penghitungan suara yang dilakukan tim pemenangannya.

Baca: Hasil Lengkap Quick Count Litbang Kompas Pilgub Jatim: Khofifah Unggul 6,72% Atas Gus Ipul

Ketua Tim Sukses Mundjidah Wahab-Sumrambah, Syarif Hidayatulloh mengklaim keunggulan paslon nomor urut satu tersebut, berdasarkan hasil di Pantaupemilu.id, yang digunakan sebagai acuan mereka.

“Dari web itu, paslon Mundjidah Wahab-Sumrambah mendapat 46,54%, sementara untuk paslon 2 mendapatkan hasil 33,4% dan untuk paslon nomor urut 3 memperoleh 18,41%,” jelasnya, kepada Surya, Rabu (27/6/2018).

Menurut pria yang akrab disapa Gus Sentot, timnya akan mengawal hasil perhitungan cepat itu dengan ketat hingga perhitungan resmi KPU Jombang.

Baca: Hasil Quick Count Sementara Pilkada Kota Malang, Pasangan SAE Ungguli Asik dan Menawan

“Angka itu akan terus bertambah, paslon kita unggul sekitar 17 persen. Kita akan kawal hingga tuntas,” pungkasnya.

Terpisah, Ketua Tim Sukses Nyono Suharli-Subaidi Muhtar, Mas’ud Zuremi mengatakan, hasil dari saksi yang tersebar di seluruh TPS menyatakan paslon nomor urut 2 unggul.

“Berdasarkan perhitungan suara manual di 306 Desa dan kelurahan di 21 Kecamatan, Nyono Suharli-Subaidi Mukhtar memperoleh suara 50% sedangkan paslon 1 mendapatkan suara 25%, dan paslon 3 15%,” tegasnya.

Ditambahkan Mas’ud, timnya belum berani membuka seluruh data perolehan suara Nyono Suharli-Subaidi Muhtar yang dikantonginya.

Baca: Lihat Hasil Quick Count Sambil Seruput Kopi, Pakde Enggan Tanggapi Kemenangan Sementara Khofifah

“Saya bisa menyakinkan ke teman-teman, Insya Allah paslon nomor dua tetap uggul dalam Pilbup, dan itu sudah kita kroscek secara manual pantauan tim kita di lapangan,” ujarnya.

Semantara itu, tim paslon Syafiin-Choirul Anam, yakni Amik Purdinata, terkesan enggan berkomentar terkait perolehan suara jagonya pada Pilbup Jombang 2018 ini.

Pesan WA yang dikirim Surya sejak satu jam lalu hanya menandakan sudah dibaca, tapi tidak merespon. (Surya/sutono)

Baca: Versi LSI Denny JA, Tiga Hal inilah Penyebab Gus Ipul Kalah dari Khofifah di Pilgub Jatim

Penulis: Sutono
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help