Pertigaan Boboh Menganti Gresik Langganan Macet Parah

Dinas Perhubungan Gresik belum bisa mengurai kemacetan parah yang selalu terjadi di Pertigaan Boboh Kecamatan Menganti.

Pertigaan Boboh Menganti Gresik Langganan Macet Parah
SURYA/SUGIYONO
Kondisi kencaraan yang macet di Pertigaan Boboh Kecamatan Menganti, Gresik, Selasa (10/7/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Dinas Perhubungan Kabupaten Gresik belum bisa mengurai kemacetan parah yang terjadi di Pertigaan Boboh Kecamatan Menganti.

Padalah, jalur lingkar Utara hanya satu-satunya yang melingkar dekat Kota Gresik.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Gresik Nanang Setiawan mengatakan, kemacetan di pertigaan Boboh Kecamatan Menganti diakibatkan banyaknya kendaraan besar yang melintas.

"Pertigaan itu sering macet akibat kendaraan angkutan berat truk dan dumptruck serta kontainer banyak yang melintas," ujarnya, Selasa (10/7/2018).

Menurutnya, untuk mengurai kecelakaan tersebut, jalur alternatif lain menuju Surabaya bisa melalui jalur Cerme - Menganti Surabaya.

"Tidak ada jalan lain untuk merekayasa karena tidak ada alternatif jalan nasional atau jalan propinsi lain untuk mengurai. Sebab, mengingat kendaraan dari Krian-Boboh-Bunder dan sebaliknya itu satu satu penghubung Krian-Gresik ya jalur Boboh itu," imbuhnya.

Oleh karena itu, Nanang menegaskan salah satu jalan untuk memecah kemacetan di pertigaan Boboh Kecamatan Menganti yaitu jalan Tol.

"Kemacetan itu yakin akan selesai dengan operasionalisasi ruas Tol Krian-Kebomas yang mudah-mudahan selesai 2019," katanya.

Penyelesaian lain untuk memecah kemacetan yaitu dengan mengajukan jalan kabupaten menjadi jalan nasional sehingga bisa digunakan kendaraan besar-besar.

"Melalui Bappeda, Jl Harun thohir mulai pertigaan Petro oxo ke Jl Amak Kasim sudah diusulkan menjadi jalan nasional, tukar dengan Jl Gubernur Suryo dan Jl Usman Sadar," tegas Nanang.

Pengguna jalan di Pertigaan Boboh Kecamatan Menganti sering terjebak macet akibat kendaraan besar sulit berbelok di tikungan.

"Dulu macet hanya Sabtu malam. Sekarang tiap hari macet," kata Khoirul Anam, warga Menganti yang setiap hari melintas di Jl Raya Boboh. (Surya/Sugiyono)

Penulis: Sugiyono
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved