Rumah Politik Jatim

Jatim Penentu Kemenangan Pemilu 2019, Pakde Karwo: Kerajaan Majapahit Bisa Besar Karena Ada di Jatim

Gubernur Pakde Karwo menyatakan, Kerajaan Majapahit bisa besar karena berada di Jatim, sehingga di Pemilu 2019, Jatim akan jadi penentu kemenangan.

Jatim Penentu Kemenangan Pemilu 2019, Pakde Karwo: Kerajaan Majapahit Bisa Besar Karena Ada di Jatim
TRIBUNJATIM/MUJIB ANWAR
Gubernur Jawa Timur Soekarwo saat hadir di acara Launching Tribun Jatim Network: Rumah Politik Jawa Timur, Rabu (12/9/2018) di Hotel Santika Jemursari Surabaya. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Soekarwo menyebut Jawa Timur memiliki potensi sangat besar dan penentu kemenangan di Pemilu 2019. Oleh karenanya, Jawa Timur tidak boleh dilepaskan begitu saja dalam peran pemenangan di pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Satu di antara indikatornya, terlihat dari besarnya jumlah pemilih di Jawa Timur yang mencapai lebih dari 30 juta jiwa atau hampir seperdelapan jumlah total pemilih nasional.

Selain jumlah yang cukup besar, para pemilih juga berasal latar belakang kultur masyarakat yang beragam.

”Meskipun cukup beragam, Jawa Timur mampu menjaga perdamaian. Jatim menjadi daerah yang sangat mempengaruhi ekonomi Indonesia secara keseluruhan,” kata Pakde Karwo, pada acara Launching Tribun Jatim Network: Rumah Politik Jawa Timur, Rabu (12/9/2018) di Hotel Santika Jemursari Surabaya.

Tema yang diusung, "Peran Strategis Jawa Timur dalan Konstelasi Politik Nasional Jelang Pilpres 2019".

Pesan Pakde Karwo ke TribunJatim Network: Jadilah Rujukan Berita Politik Terpercaya dan Brantas Hoax

Pakde Karwo Apresiasi Tinggi Peluncuran Tribun Jatim Network Sebagai Rumah Politik Jawa Timur

Dengan nada berseoloroh, Pakde Karwo menjelaskan, bahwa tidak hanya di era saat ini saja peran dan potensi Jawa Timur yang luar biasa. Sejak zaman Kerajaan Majapahit, Jawa Timur juga telah tercatat dalam sejarah sebagai barometer pembangunan dan politik di nusantara.

”Majapahit bisa besar karena berada di Jawa Timur. Kalau di daerah lain, belum tentu bisa sebesar itu,” canda Gubernur Jawa Timur dua periode tersebut.

Pakde Karwo lantas memberikan beberapa contoh. Misalnya, untuk daerah pesisir yang merupakan kultur Mataraman, kemudian daerah utara yang masuk dalam kultur Arek.

Kultur Mataraman bukan hanya di pesisir selatan saja, namun juga terbentang hingga Banyuwangi.

Sekretaris Gerindra Jatim Sebut TribunJatim Network Jadi Panggung Baru Para Politisi Bereskpresi

Pakar Komunikasi Politik Unair: TribunJatim Network Harus Menjadi Titik Temu Verifikasi Millenial

Biasanya, masyarakat Mataraman mendapat rujukan, termasuk soal politik, dari tokoh birokrasi. Mulai kepala desa, guru, dan sebagainya.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Mujib Anwar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved