Proyek Rel Ganda KAI Dinilai Merugikan, Warga di Jombang Siap Berdemo

Warga Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto, Jombang, berniat melakukan demonstrasi di lokasi pengerjaan proyek rel ganda (double track) PT. KAI

Proyek Rel Ganda KAI Dinilai Merugikan, Warga di Jombang Siap Berdemo
Surya/Sutono
Pembangunan rel ganda di Stasiun KA Sembung, Jombang, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJATIM.COM, JOMBANG - Warga Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto, Jombang, berniat melakukan demonstrasi di lokasi pengerjaan proyek rel ganda (double track) PT. KAI di desa setempat.

Mereka berencana demonstrasi karena merasa dirugikan akibat pengerjaan proyek oleh PT Prawira Puriprima.

Kerugian itu antara lain, rumah warga sekitar proyek banyak yang retak temboknya terdampak penggunaan alat berat oleh pelaksana proyek.

Koordinator aksi, Safri Nawawi mengatakan demonstrasi atau unjuk rasa rencananya digelar Kamis besok (1/11/2018).

Polisi Jombang Terjun ke Sekolah, Tenangkan Siswa dan Ortu Soal Isu Penculikan Anak

"Kami menuntut PT KAI memperhatikan aspirasi warga," kata Safri pada TribunJatim.com.

Menurut Safri, masyarakat setempat yang tergabung dalam Forum Masyarakat Peduli Desa Sumbermulyo (FMPDS) juga menilai pelaksana proyek rel ganda semena-mena dan arogan.

"Selama ini tidak ada sosialisasi dan koordinasi dengan masyarakat maupun pihak desa. Jadi rencananya besok kami akan unjuk rasa, ada sekitar 150 orang warga yang ikut aksi ini besok. Polres secara resmi sudah kami beritahu,” terang Safri pada TribunJatim.com.

Kuasa Hukum Korban Dugaan Pelecehan Siap Cadangkan Gugatan untuk RSUD Dr Soetomo

Ditambahkan Safri, selain arogan, membuat tembok warga sekitar proyek retak, jalan desa juga ada yang rusak sehingga tidak bisa dilalui lagi oleh warga.

Tak hanya itu, sambung Safri, para pekerja diduga juga membuang tanah bekas galian proyek rel ganda di pekarangan warga. Sehingga dikhawatirkan menimbulkan banjir lumpur jika waktu terjadi hujan deras.

“Tanaman padi dan palawija petani juga banyak yang mati karena saluran irigasi rusak akibat proyek rel ganda ini," pungkas Safri.(Sutono/TribunJatim.com)

Penulis: Sutono
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved