RSU Dr Soetomo Relokasi Instalasi Gigi dan Mulut

RSU Dr Soetomo Surabaya Akhirnya Merelokasi Instalasi Gigi dan Mulut Gara-gara ISO 2000.

RSU Dr Soetomo Relokasi Instalasi Gigi dan Mulut
TRIBUNJATIM/SULVI SOFIANA
Instalasi gigi dan mulut RSU dr Soetomo Surabaya yang akan menempati Posa, Kamis (15/11/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - RSU Dr Soetomo baru saja menerima penilaian akreditasi internasional dari Join Comission International (JCI). Dari hasil penilaian itu, RSU Dr Soetomo mendapat saran untuk merelokasi instalasi Staf Medis Fungsional (SMF) Gigi dan Mulut dari gedung Instalasi Rawat Jalan (IRJ).

Peluncuran relokasi ini dilakukan oleh Direktur RS Dr Soetomo, Harsono di poli gigi yang berada di lantai dua Poli Onkologi Satu Atap (POSA) RSUD Dr Soetomo Surabaya.

Ketua SMF Kesehatan Gigi dan Mulut, drg Christinari Ratih SpKGA mengungkapkan pemindahan instalasi ini sebagai pertimbangan atas rekomendasl ISO 2000 dimana unit peralatan Gigi yang mempunyai berat beban, akan beresiko jika ditempatkan di lantai atas.

"Idealnya untuk berstandar Internasional kami memiliki 16 unit alat, tapi di lantai empat IRJ alat kami hanya bisa tertampung 12 saja," ujarnya, Kamis (15/11/2018).

Selain itu akses menuju poli gigi terlalu ramai jika ditempatkan didalam satu gedung dengan IRJ. Apalagi menurutnya, pada awalnya pengembangan Poli Gigi & Mulut adalah pelayanan gigi spesiaiis dimana sejak awal, perawatan yang menyangkut estetika tidak ditanggung Askes.

"Jadi pasien kami memang beragam dari BPJS sampai kalangan menengah ke atas. Dengan kami memiliki gedung instalasi sendiri akan lebih mudah aksesnya,"ujarnya.

Ia menjelaskan instalasi Gigi dan Mulut adalah Instalasi tersendiri, sehingga kalau berada di Gedung IRJ terkesan seperti Instalasi dalam Instalasi.

Dirut RSU Dr Soetomo dr Harsono menambahkan, proses dipusatkannya instalasi gigi dan mulut akan dilakukan seiring dipindahkannya Posa di gedung baru. Sehingga gedung yang berada di dekat parkiran sisi timur RSU Dr Soetomo bisa dipusatkan untuk pelayanan, riset dan pendidikan instalasi gigi dan mulut.

"Karena ini heritage jadi kami mempertahankan bentuknya, tetapi fungsinya akan disesuaikan dengan kebutuhan Instalasi gigi dan mulut. Kalau di IRJ lantai 4, sangat sumpek, alat gigi itu berat dan membahayakan jika terlalu banyak di lantai empat makanya dipindah," urainya.

Ia mengungkapkanInstalasi gigi dan mulut memberikan tujuh pelayanan spesialisasi sesuai dengan kondisi pasien dan tindakan yang perlu dilakukan.

Untuk memberikan pelayanan terhadap pasien, Instalasi Gigi dan Mulut RSUD dr Soetomo didukung dengan SDM yang berkompetensi, peralatan yang modern, dan fasilitas sterilisasi yang lengkap dan selalu update dalam standar.

“Instalasi Gigi dan Mulut RSUD dr Soetomo memberikan pelayanan perawatan gigi dan mulut, baik secara umum maupun spesialistik. Sebab, kebanyakan yang datang ke sini adalah pasien rujukan. Jadi, penanganannya lebih ke spesialistik,” pungkasnya. (Sulvi Sofiana)

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Mujib Anwar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved