Kasus Narkoba di PN Gresik Meningkat Tajam

– Kasus narkotika yang disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Gresik mendominasi dibandingkan tahun sebelumnya.

Kasus Narkoba di PN Gresik Meningkat Tajam
(surya/Sugiyono)
Terdakwa Kasus Narkotika Mendominasi Putusan di PN Gresik, Selama Setahun Mencapai 112 Perkara 

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK – Kasus narkotika yang disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Gresik mendominasi dibandingkan tahun sebelumnya.

Padahal putusan yang diterima oleh terdakwa narkotika tergolong lama. Ada yang divonis 12 tahun penjara, namun persoalan sabu-sabu meningkat tajam yang ditantgabni PN Gresiksepanjang tahun 2018 ini.

Bayu Soho Rahardjo selaku Humas Kejaksaan PN Gresik mengatakan, bahwa jumlah perkara narkoba yang telah divonis PN Gresik jumlahnya mencapai ratusan orang.

“Data yang bisa disampaikan terkait perkara pidana yang menonjol jumlah kuantitas dan kualitasnya yaitu perkara narkotika. Tahun trennya semakin meningkat dari 2016, 2017 sampai sekarang 2018. Tahun-tahun sebelum hanya dua digit, tapi saat ini mencapai 112 terdakwa yang berhasil divonis,” kata Bayu Soho Rahardjo yang sekaligus hakim PN Gresik, Jumat (21/12/2018).

Kita ketahui, hukuman yang diterima para terdakwa kasus narkotikan juga sangat berat. Rata-rata hukumannya selama 7 sampai 8 tahun.

“Salah satu terdakwa narkotika hukuman yang paling berat divonis 12 tahun penjara. Karena dia residivis,” katanya kepada TribunJatim.com.

Bangkai Ikan Sarkamut di Sungai Kresek Kediri Ciptakan Polusi, Puluhan Petugas Kebersihan Dikerahkan

Kumpulan Lagu untuk Hari Ibu 2018, Lengkap dengan Liriknya

Bak Keliling Eropa dalam Satu Hari, Surabaya Carnival Park Sediakan Spot Foto dan Ikon Unik Lainnya

Sedangkan perkara yang sifatnya umum seperti kasus pencurian, trennya juga meningkat dari ke tahun dibandingkan tahun sebelumnya.

“Tahun ini sangat terjadi peningkatan signifikan. Tahun lalu masih 60 perkara, tahun ini ada 116 perkara pencurian yang divonis PN Gresik,” imbuhnya kepada TribunJatim.com .

Perkara penyakit masyarakat yang divonis PN Gresik yaitu kasus perjudian, ada 21 perkara, perkara kecelakaan lalau lintas ada 22 perkara.

“Perkara anak-anak ada 4 perkara. Sehingga rekap tindak pidana yang divonis PN Gresik mencapai 490 perkara,” katanya.

Sampai dengan akhir tahun ini perkara yang masih berjalan ada 23 perkara untuk pidana umum.

“Perkara perdata gugatannya berjumlah 78 perkara, permohon sebanyak 502 pemohon. Untuk gugatan perdata trennya menurun. Dulu lebih dari 100 sekarang kurang dari 100,” imbuhnya. (Sugiyono/TribunJatim.com)

Penulis: Sugiyono
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved