Pemkab Bojonegoro dan PT Kereta Api Indonesia Lakukan MoU Kerja Sama Pengembangan Perkeretaapian

Pemkab Bojonegoro bersama PT Kereta api Indonesia (KAI) menandatangani nota kesepahaman (MoU), tentang rencana kerja sama pengembangan perkeretaapian

Pemkab Bojonegoro dan PT Kereta Api Indonesia Lakukan MoU Kerja Sama Pengembangan Perkeretaapian
SURYA.CO.ID/M SUDARSONO
Dirut KAI Edi Sukmoro (kiri) dan Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah (kanan) dalam agenda pembahasan kerja sama 

Laporan Wartawan Surya, Mochamad Sudarsono

TRIBUNJATIM.COM, BOJONEGORO - Pemkab Bojonegoro bersama PT Kereta api Indonesia (KAI) menandatangani nota kesepahaman (MoU), tentang rencana kerja sama pengembangan perkeretaapian perkotaan di Bojonegoro.

MoU tersebut dilakukan di rumah dinas Bupati di Jalan Mas Tumapel, Jumat (4/1/2018). Perjanjian rencana kerja sama tersebut ditandatangani Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro.

Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah mengatakan, kerja sama ini mencakup pengembangan perkeretaapian perkotaan, pengembangan kawasan yang terintegrasi dengan perkeretaapian perkotaan, dan penyusunan studi kelayakan atau feasibility study.

Selain itu Pemkab Bojonegoro juga berencana memanfaatkan aset KAI untuk keperluan pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH), sehingga bisa terbangun taman kereta api.

"Ini bisa terwujud jika pemkab dan PT KAI sinergis, nota kesepahaman ini berlaku selama 2 (dua) tahun sejak ditandatangani," Ujar Anna Mu'awanah memaparkan.

Petugas akan Tilang Kendaraan Bermuatan Over Kapasitas yang Melintas di Bojonegoro

Sementara itu, Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro menyampaikan, melalui MoU ini KAI dan Pemkab Bojonegoro akan mengembangkan potensi angkutan barang dan angkutan penumpang.

Edi menilai jika memang untuk kebutuhan masyarakat akan kereta barang dan penumpang tinggi, maka tidak menutup kemungkinan kereta tersebut akan dioperasikan.

"KAI dan Pemkab Bojonegoro akan mencari solusi atas terus tumbuhnya pelintasan sebidang, sehingga dapat meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api," Terangnya.

Dirut KAI berharap, adanya nota kesepahaman dengan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, dapat berkontribusi untuk menggiatkan dan memajukan pertumbuhan perekonomian masyarakat di Kabupaten setempat.

"Melalui moda transportasi kereta api semoga bisa menggiatkan dan memajukan pertumbuhan ekonomi di Bojonegoro," Pungkasnya.

Penulis: M Sudarsono
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved