Cara Urus KTP hingga Akta Kelahiran di Kantor Pos Kabupaten Malang, Perhatikan Formulir Sampai Tarif

Berbagai upaya terkait peningkatan pelayanan administrasi kependudukan terus diupayakan oleh Dispendukcapil Kabupaten Malang.

Cara Urus KTP hingga Akta Kelahiran di Kantor Pos Kabupaten Malang, Perhatikan Formulir Sampai Tarif
SURYA/ERWIN WICAKSONO
Suasana Kantor Dispendukcapil Kabupaten Malang, Kamis (10/1/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, KEPANJEN - Berbagai upaya terkait peningkatan pelayanan administrasi kependudukan terus diupayakan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Malang.

Satu di antaranya adalah pengurusan dokumen kependudukan antara lain meliputi Kartu Tanda Penduduk elekronik (e-KTP), Kartu Keluarga (KK), akta kelahiran hingga surat kematian di Kantor Pos.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK), Dispendukcapil Kabupaten Malang, Shirath Aziez menjelaskan, pada dasarnya pengurusannya sama dan tak ada yang berubah.

Namun, masyarakat bisa memilih mengurus di Kantor Disependukcapil atau ke Kantor Pos.

"Pada dasarnya pengurusannya sama. Ini kan sebuah cara untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Namun perlu diketahui, untuk pengurusan e-KTP, harus melakukan perekaman dahulu ke Kecamatan atau Kantor Dispendukcapil. Intinya yang terdekat dari domisili masyarakat," ujar Shirath, Kamis (10/1/2019).

Uji Coba Sistem Satu Arah di Jalan Jakarta Kota Malang Diterapkan Hari ini hingga 10 Februari 2019

Karena program ini masih akan dilakukan, Shirath belum bisa menjelaskan terkait bagaimana evaluasi terkait berjalannya program tersebut.

"Ini kan sebuah usaha peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya dengan Kantor Pos. Evaluasi belum kami lakukan, nantinya akan kami lakukan. Soal lamanya kepengurusan, prinsipnya di kantor kami itu one day service," imbuhnya.

Di sisi lain, Kepala Kepala Kantor Pos Malang, Agung Janarjono menerangkan, program sinergi pelayanan dokumen kependudukan ini masih dalam tahap persiapan dan pengembangan oleh pihaknya.

Hanya saja program ini akan diterapkan dulu di Kabupaten Malang.

"Beberapa waktu lalu kami baru tanda tangan MoU dengan Kepala Dispendukcapil Kabupaten Malang. Kami masih melakukan training kepada para pegawai mengenai kesiapan menerapkan program pelayanan dokumen kependudukan tersebut," terang Agung melalui sambungan telepon.

Pasca Uji Coba Traffic Light, Dinas Perhubungan Kota Malang Akan Bongkar Taman dan Beri Marka Jalan

Halaman
12
Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: Ani Susanti
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved