SMKN 5 Surabaya Gelar Acara Aktualisasi Seni Pelajar Islam se Jawa, Ratusan Pelajar Unjuk Kebolehan

Sholawat dan lagu-lagu religi hari ini, Sabtu (12/1/2019) terdengar menggema di kawasan SMKN 5 Surabaya.

SMKN 5 Surabaya Gelar Acara Aktualisasi Seni Pelajar Islam se Jawa, Ratusan Pelajar Unjuk Kebolehan
pipit/Surya
Lomba banjari di SMKN 5 Surabaya 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Sholawat dan lagu-lagu religi hari ini, Sabtu (12/1/2019) terdengar menggema di kawasan SMKN 5 Surabaya.

Bukan pertama kali, tenyata gema sholawat ini selalu hadir tiap tahun dalam balutan acara Aktualisasi Seni Pelajar Islam (ASPI) se Jawa.

Sebuah acara kompetisi di bidang keagamaan tingkat MA, SMA, SMK yang murni diselenggarakan pihak sekolah SMKN 5 Surabaya. Dimana para siswa SMKN 5 hanya bertugas sebagai panitia dalam acara tersebut.

Adapun lima lomba di dalam kegiatan ASPI se Jawa ini adalah Banjari, Nasyid, Musabaqah Khat Al- Qur'an (MKQ), Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), dan lomba Dai.

Muhammad Sofyan Hadi, Waka Kesiswaan menyampaikan ASPI menjadi bagian dari SMKN 5 sejak 2013 silam. Tujuannya tak lain ingin mengembangkan keterampilan siswa, khususnya bagi siswa yang tergabung dalam esktrakurikuler Sie Kerohanian Islam (SKI).

Sehari Raup Rp 100 Ribu, Juru Parkir di Gondanglegi Malang Ketagihan Sabu Senilai Rp 300 Ribu

Agnez Mo Ketemu Presiden Jokowi, Obrolkan Soal Mimpi dan Anak Muda

Baby Shu Geram Namanya Disebut-sebut dalam Daftar Saksi Prostitusi Online, Saya Tidak Akan Takut

Sosok 2 Finalis Puteri Indonesia yang Sudah Dipecat 2 Tahun Lalu, Apa Penyebabnya?

"Sejak 2013 kami menghidupkan acara ASPI, mulai kompetisi tingkat kota, tingkat provinsi Jawa Timur, hingga tingkat Jawa seperti sekarang. Jadi ini ASPI ke 7 yang sudah kami selenggarakan," jelas Sofyan saat mendampingi para siswa kepada Tribunjatim.com.

Bertugas full sebagai kepanitian, para siswa SMKN 5 mempersiapkan acara sejak satu tahun lalu. Sofyan mengatakan satu minggu selang acara biasanya para siswa langsung rapat Laporan Pertanggungjawaban, sekaligus pembentukan panitia baru, begitu setiap tahunnya.

Meski hanya menjadi panitia dan tidak mendelegasikan sebagai peserta kompetisi ASPI, namun manfaat acara tetap siswa rasakan.

"Jadi mereka benar-benar mandiri mengurus lomba ini. Mulai persiapan lomba, mengundang UMKM hingga mencari sponsor. Melalui kegiatan ini kami berharap bisa menumbuhkan rasa cinta almamater, saya ga ngomongin syiar religi, karena itu sudah pasti. Kegiatan ini juga secara tak langsung mengajari anak-anak menjadi lebih dewasa, bertanggungjawab, dan bisa menjadi bekal saat mereka sudah keluar dari sekolah," jelas Sofyan kepada Tribunjatim.com.

Setiap tahun acara ASPI selalu menampilkan hal-hal baru. Salahsatunya peningkatan jumlah peserta yang mendaftar kompetisi.

Halaman
12
Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved