128 Orang Daftar jadi Relawan Demokrasi di KPU Jombang, 4 di Antaranya Difabel

128 calon relawan demokrasi mengikuti tahapan rekrutmen yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang selama tiga hari

128 Orang Daftar jadi Relawan Demokrasi di KPU Jombang, 4 di Antaranya Difabel
SURYA/Sutono
Sudarmaji (kanan/57), salah satu penyandang disabilitas calon relawan demokrasi saat wawancara dengan komisioner KPU Jombang, Fatoni, Selasa (15/1/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, JOMBANG - Sebanyak 128 calon relawan demokrasi mengikuti tahapan rekrutmen yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang selama tiga hari, Senin-Rabu (14-16/1/2019).

Selasa (15/1/2019) merupakan tahap wawancara.

4 orang di antaranya merupakan calon relawan demokrasi yang mengambil segmentasi untuk sosialisasi kepada pemilih penyandang disabilitas.

Calon relawan demokrasi itu sendiri juga penyandang disabilitas atau difabel.

(Lucinta Luna Ikut Foto 10 Years Challenge, Tulis Mantan Teman Kencannya, Pebasket hingga Pemain Bola)

(Dibekuk Polsek Simokerto, Nelayan Kenjeran Surabaya Mengaku Nyabu sebelum Melaut untuk Doping)

Komisioner KPU Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) M Fatoni mengatakan, sebenarnya pelamar sebanyak 133 orang.

Namun lima orang ditolak karena tidak memenuhi syarat.

"Ada yang karena KTP luar kota, tidak masuk Daftar Pemilh Tetap, dan pilihan tidak sesuai sekmentasi," kata M Fatoni, di sela wawancara calon relawan.

Menurt Fatoni, tugas relawan, setelah diterima, tidak hanya menekan jumlah golongan putih alias tidak mencoblos, melainkan juga memberikan pendidikan politik kepada sekmentasi yang mereka pili.

Dijelaskan, relawan demokrasi yang terpilih dalam seleksi, akan bertugas selama tiga bulan, sejak Januari ini. Mereka memiliki tugas melakukan sosialisasi kepada 11 kelompok masyarakat.

Yaitu kelompok warga internet, komunitas disabilitas, kelompok marjinal, kelompok agama, keluarga, berkebutuhan khusus, pemilih pemula, pemilih muda dan kelompok pemilih perempuan.

(Huening Kai Jadi Member Ketiga TXT, Idol Pertama Big Hit Entertainment yang Blasteran!)

(Dibekuk Polsek Simokerto, Nelayan Kenjeran Surabaya Mengaku Nyabu sebelum Melaut untuk Doping)

Halaman
12
Penulis: Sutono
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved