Digitalisasi Terus Berkembang, Emil Dardak Rancang Cashless Society untuk Transaksi Perdagangan

Wakil Gubernur Jatim terpilih, Emil Dardak mengapresiasi pelaksanaan Hari Pers Nasional yang diselenggarakan di Jatim.

Digitalisasi Terus Berkembang, Emil Dardak Rancang Cashless Society untuk Transaksi Perdagangan
TRIBUNJATIM.COM/SOFYAN ARIF CANDRA SAKTI
Wagub Jatim Terpilih, Emil Dardak saat ditemui usai menghadiri acara Puncak Hari Pers Nasional (HPN) di Grand City Convex, Jalan Walikota Mustajab, Surabaya, Sabtu (9/2/2019). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Wakil Gubernur Jatim terpilih, Emil Dardak mengapresiasi pelaksanaan Hari Pers Nasional yang diselenggarakan di Jatim dengan tema "Pers Menguatkan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital”.

Menurut Emil, seiring berkembangnya zaman, digitalisasi memang akan terjadi di semua elemen termasuk di UKM (usaha kecil dan menengah).

Emil pun sudah mempunyai gagasan untuk merancang cashless society pada setiap transaksi di Jatim bahkan di kelas pedagang kaki lima.

Kasus Demam Berdarah di Jatim Tinggi, Emil Dardak Ajak Masyarakat Awasi Setiap Sudut Ruangan

Jelang Pelantikan Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak Ungkap Sudah Siapkan Baju

Peringati Hari Pers Nasional, Hayono Isman : Pers Tetap Jadi Penjaga Demokrasi

"Kita bayangkan ke depannya pedagang kaki lima bisa menggunakan QR code, kalau sudah begitu akan semakin seru karena akan ada insentif, ada diskon dan inovasi inovasi yang lain yang membuat dunia UKM semakin berwarna," kata Emil, saat ditemui usai menghadiri peringatan puncak Hari Pers Nasional (HPN), di Grand City Covex, Jalan Walikota Mustajab, Surabaya, Sabtu (9/2/2019).

Terlebih lagi sekarang, lanjut Bupati Trenggalek ini, vendor tidak hanya menjalin kerjasama dengan restoran besar namun juga dengan siapa pun termasuk pelaku UKM.

"Kalau kita lihat, layanan-layanan e-money berani memberikan diskon, karena mereka ingin memperluas penetrasi fintech maupun e-money sampai ke akar rumput," kata Emil.

Puncak HPN di Surabaya, Jokowi: Pers Harus Menjadi Penjernih Kegaduhan dan Pesimisme di Media Sosial

Remisi Pembunuh Jurnalis Bali Belum Dicabut, AJI Surabaya Tempel Baliho Protes Disebelah Baliho HPN

AJI Surabaya Gelar Demo, Perayaan HPN Hanya Kuras Uang Negara, Jika Tak Bahas Kekerasan Jurnalis

Sehingga lanjut Emil, perkembangan teknologi ini merupakan kesempatan besar untuk iklim perdagangan di Jatim dan akan rugi jika tidak dimanfaatkan sebaik-baiknya.

"Nah ini kita dorong dan dibarengi dengan milenial job center yang akan menyediakan tenaga tenaga kerja yang profesional untuk membantu start up," kata suami Arumi Bachsin ini.

Sebab, lanjutnya, tidak mungkin jika memulai suatu usaha dan sudah mempunyai semua kemampuannya mulai dari packaging, digital marketing, web design dan lainnya.

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved