Pemkab Jember Bangun Asrama Haji, Anggaran Dananya Luar Biasa

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember akan membangun gedung asrama haji di tahun 2019 ini. Pembangunan gedung asrama haji itu memakai dana APBD Jember

Pemkab Jember Bangun Asrama Haji, Anggaran Dananya Luar Biasa
TribunJatim.com/Manik Priyo Prabowo
Warga mengerumuni pintu gerbang Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Jatim, Kamis (27/7/2017) 

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember akan membangun gedung asrama haji di tahun 2019 ini. Pembangunan gedung asrama haji itu memakai dana APBD Jember sebesar Rp 200 miliar.

Bupati Jember Faida menuturkan, pembangunan fisik asrama haji itu akan selesai tahun ini.

"Desain dan pembangunan fisik akan selesai tahun ini, anggaran sekitar Rp 200 miliar," ujar Faida kepada wartawan usai pemaparan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) di Pendapa Wahyawibhawagraha, Jember, Senin (4/3/2019).

Asrama haji itu nantinya sebagai penunjang Bandara Notohadinegoro Jember untuk menjadi bandara embarkasi haji dan umrah tahun 2020. Asrama haji itu akan menampung 800 tempat tidur.

Asrama haji itu bakal ditempatkan di kompleks Jember Sport Garden (JSG). Tahun 2020, tidak hanya asrama haji yang ada di tempat itu, namun juga menjadi wisma serbaguna yang bisa untuk wisma atlet, pendidikan dan pelatihan, juga arena training center.

"Ini untuk mewujudkan Bandara Notohadinegoro sebagai embarkasi haji dan umrah, yang sudah disepakati oleh Bapak Presiden," tegas Faida kepada Tribunjatim.com.

Faida menuturkan, terdapat 14 kelompok terbang haji dari Kabupaten Jember dan kabupaten tetangga Jember dalam setiap kali musim haji.

Nagita Slavina Ungkap Mobil Lamborghininya Jadi Sarang Tikus dan Semut, Raffi Ahmad Marah-marah!

Puaskan Hasrat Seksual,Sopir Pengedit Foto Bugil Belasan Pelajar Dibekuk Polisi Bojonegoro

Aktor Reza Rahadian Kunjungi Kampung Inggris Pare Kediri

Jumlah orang yang berangkat umrah, lanjutnya, juga tinggi dari Jember dan kabupaten tetangga. Dengan alasan itulah, Bupati Jember Faida dan Wabup Jember Abdul Muqit Arief saat berkampanye tahun 2015 lalu memasukkan Bandara Jember sebagai bandara embarkasi haji ke 22 janji kerja Faida - Muqit.

Janji Bandara Notohadinegoro dijadikan sebagai bandara embarkasi haji itu, lanjut Faida, akan diwujudkan tahun 2020 nanti. Karenanya, saat ini Pemkab Jember membangun fasilitas penunjangnya yakni asrama haji.

Sedangkan untuk perpanjangan landasan Bandara Notohadinegoro Jember akan dilakukan oleh PT Angkasa Pura II. Landasan bandara yang saat ini 1.700 meter akan diperpanjang menjadi 2.250 meter sampai 2.500 meter. (Sri Wahyunik/TribunJatim.com).

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved