Angkat Cita Rasa Tradisional, Waroeng Pati Hotel Ibis Budget Sajikan Menu Udang Bakar Sambal Matah

Siapa yang tidak mengenal menu seafood? Menu tersebut, termasuk yang banyak digemari banyak orang.

Angkat Cita Rasa Tradisional, Waroeng Pati Hotel Ibis Budget Sajikan Menu Udang Bakar Sambal Matah
TRIBUNJATIM.COM/HEFTY SUUD
Seafood udang bakar sambal matah di Waroeng Pati Hotel Ibis Budget Surabaya 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Hefty's Suud

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Siapa yang tidak mengenal menu seafood? Menu tersebut, termasuk yang banyak digemari banyak orang.

Ronang Wibawa, Sous Chef Hotel Ibis Budget Surabaya menyampaikan hampir semua negara memiliki olahan menu seafood yang khas. Baik di Indonesia, Tiongkok, juga Eropa.

Waroeng Pati Hotel Ibis Budget Surabaya pun, punya olahan seafoodnya sendiri yamg bertujuan mengangkat cita rasa tradisional. Disampaikan Ronang, menu seafood diolah dengan cara sederhana, yakni seafood udang bakar sambal matah.

"Proses pengolahannya, begitu udang datang, kami langsung mengolahnya dengan cara direndam dalam air bercampur garam dan jeruk nipis," ungkap Ronang.

Fakta-fakta Perayaan Hari Raya Nyepi di Bali, Tradisi Jelang Nyepi hingga Kuliner yang Disajikan

Setelahnya, baru udang akan dibakar menggunakan briket sambil dioles dengan saus. Menu tersebut menggunakan jenis udang windu size 40, dalam satu porsinya, pelanggan akan mendapatkan 5 ekor udang windu.

Ronang menambahkan, udang windu dipilih, sebab udang tersebut memiliki sedikit rasa alami manis. Udang windu untuk menu tersebut, diakui Ronal berasal dari kota udang di Jawa Timur, yaitu Sidoarjo.

Seafood udang bakar sambal matah di Waroeng Pati Hotel Ibis Budget
Seafood udang bakar sambal matah di Waroeng Pati Hotel Ibis Budget (TRIBUNJATIM.COM/HEFTY SUUD)

Untuk sambal matahnya, Ronang mengaku menggunakan bahan sambal ulek pada umunya. Hanya, ia menyajikannya dalam bentuk yang berbeda, yaitu matah.

"Sambal matanhnya pun sangat sederhana, hanya ada tiga unsur di dalamnya. Yaitu bawang merah, tomat dan cabai rawit," ungkapnya.

Menu seafood udang sambal matah itu, disajikan ala fushion, ikan dan sambalnya diketakkan dalam wadah terpisah. Hal itu dilakukan supaya pelanggan dapat menakar sambalnya sendiri sesuai selera.

Penulis: Hefty Suud
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved