Pemilu Kurang Sebulan Lagi, KPU Kabupaten Malang Kebut Penyortiran Surat Suara

Ketua KPU Kabupaten Malang, Santoko memastikan pihaknya langsung melakukan distribusi surat suara Pemilu 2019, begitu melakukan penyortiran.

Pemilu Kurang Sebulan Lagi, KPU Kabupaten Malang Kebut Penyortiran Surat Suara
SURYA/ERWIN WICAKSONO
Suasana proses penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2019, di gudang KPU Kabupaten Malang di Pakisaji, Jumat (15/3/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, KEPANJEN  – Ketua KPU Kabupaten Malang, Santoko memastikan pihaknya langsung melakukan distribusi surat suara Pemilu 2019, begitu melakukan penyortiran.

Santoko menegaskan saat proses pendistribusiannya selalu diawasi secara langsung oleh pihak kepolisian dan Bawaslu Kabupaten Malang.

"Ada enam kecamatan saat ini yang dilakukan pendistribusian surat suara. Enam kecamatan itu yakni Pujon, Donomulyo, Kalipare, Kasembon Tirtoyudo dan Ngantang," terang Santoko ketika dikonfirmasi, Jumat (15/3/2019).

Santoko menambahkan, agar efisien memang pihaknya menerapkan sistem setelah penyortir selesai dilakukan, maka akan langsung kami didistribusikan ke kecamatan.

Satu WNA di Kota Blitar Masuk DPT, KPU Sempat Kesulitan Minta Data dari Dispendukcapil

Tuntaskan Proses Sortir, KPU Lamongan Temukan 2508 Surat Suara Rusak, Ada Bercak Tinta dan Sobek

Terkait adanya surat suara rusak yang hingga kini terdapat 215 lembar, pihaknya akan segera menindaklanjuti.

Kondisi kerusakan surat suara meliputi sobek, tidak presisi, dan berlubang.

"Kami akan membuat berita acara untuk meminta ganti terhadap surat suara yang rusak. Setelah proeses ini (sortir)," jelasnya.

Usai Pengecekan Data Pemilih, KPU Kabupaten Tuban Tak Temukan WNA Masuk DPT Pemilu 2019

KPU Bojonegoro Tak Temukan WNA Masuk DPT, Tapi Tetap Cek Secara Detail Terkait Data DPT

Santoko menuturkan, KPU Kabupaten Malang terus berkomitmen melakukan percepatan penyortiran serta pelipatan surat suara.

Sehingga pendistribusian bisa dipercepat, mengingat waktu Pemilu semakin dekat.

Begitu selesai sortir, pihaknya akan tancap gas lakukan penyortiran dan pelipatan surat suara Calon Presiden serta Calon Wakil Presiden RI, untuk Pemilu 2019.

"Bisa dilihat petugas yang melakukan penyortiran dan sekaligus pelipatan surat suara sangat fokus menjalankan tugasnya. Karena surat suara yang dilipat sangat banyak. Surat suara yang dilakukan penyortiran dan pelipatan ini merupakan surat suara DPRD Kabupaten Malang, DPRD Provinsi Jawa Timur, DPR RI dan DPD," tukasnya. (Surya/Erwin Wicaksono)

Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved