Rumah Politik Jatim

Caleg NasDem Hayono Isman Berkomitmen untuk Mencegah Korupsi, Sebut Masalah Moral dan Integritas

Tokoh masyarakat Hayono Isman merasa prihatin terhadap maraknya tindak pidana korupsi.

Caleg NasDem Hayono Isman Berkomitmen untuk Mencegah Korupsi, Sebut Masalah Moral dan Integritas
ISTIMEWA/TRIBUN JATIM
Hayono Isman, Calon Anggota DPR RI Dapil Jatim I dari Partai NasDem menyampaikan sambutan di acara warga Surabaya. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Tokoh masyarakat Hayono Isman merasa prihatin terhadap maraknya tindak pidana korupsi.

Hayono Isman mengajak semua elemen masyarakat berkomitmen menjaga moral dan integritas agar tidak tergoda untuk melakukan tindak pidana korupsi.

Hayono Isman yang juga mantan Menpora era Kabinet Pembangunan VI ini mengatakan, maraknya kasus korupsi merupakan tantangan demokrasi, khususnya bagi para elit partai untuk memperbaiki kinerjanya.

"Korupsi menjadi tantangan di era demokrasi ini. Dari itu kami para elit partai maupun pejabat negara harus bisa mencegahnya dengan sikap kejujuran bersama. Masyarakat perlu mencari pemimpin bersih," kata Hayono Isman, di Surabaya.

Demi Kesejahteraan Warga, Caleg NasDem Hayono Isman Komitmen Kawal Bantuan Sosial Agar Tepat Sasaran

Hayono Isman Siapkan Program untuk Tingkatkan Kesejahteraan Lansia

Hayono Isman mengingatkan, agar tindak pidana korupsi ini tidak terus menerus terjadi dan dijadikan sebagai suatu hal yang wajar, maka perlu adanya perbaikan hubungan antara pemerintah legislatif dan eksekutif.

"Kita menginginkan demokrasi yang dimana hubungan legislatif dan eksekutif merupakan suatu hubungan yang sehat. Harus sepakat membangun moralitas bangsa, yang merupakan sumber utama mencegah dan memberantas tindak pidana korupsi," ucapnya.

Politisi senior yang juga putra pejuang kemerdekaan, Mas Isman ini menambahkan, banyak faktor menyebabkan pejabat negara melakukan tindak pidana korupsi. Satu di antarnya lantaran adanya monopoli kekuasaan, dan mahar politik.

Selain itu, Hayono Isman menjelaskan tindakan korupsi ini bisa diantisipasi dengan memfilter kandidat yang akan menjadi peserta pemilu dari partai. Hayono pun menilai, di era demokrasi ini masih sedikit partai yang mampu mencegah korupsi.

Hayono Isman Siap Bangun Kualitas SDM Milenial yang Berdaya Saing

Caleg NasDem Hayono Isman Ajak Masyarakat Memperkuat Nilai-Nilai Agama untuk Keutuhan NKRI

Hayono Isman juga menegaskan, Partai NasDem sejak awal memiliki komitmen untuk mencegah terjadinya korupsi dengan politik tanpa mahar.

"Bagi saya upaya pencegahan kader terjerat korupsi bisa dilakukan melalui partai. Oleh karena itu, di Partai NasDem tidak ada mahar politik. Hal itu untuk bisa mencegah korupsi," pungkas Hayono, yang saat ini maju sebagai Caleg DPR RI Dapil Jatim I dari Partai NasDem itu.

Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved