Rumah Politik Jatim

Sandiaga Uno Dorong Pengusaha Investasi di Pendidikan, Dewan Pendidikan Jatim: Tidak Semudah itu

Akh Muzakki menilai gagasan Cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno yang ingin mendorong pengusaha untuk berinvestasi di bidang riset kurang tepat.

Sandiaga Uno Dorong Pengusaha Investasi di Pendidikan, Dewan Pendidikan Jatim: Tidak Semudah itu
Tangkapan Layar Kompas TV Live
Calon Wakil Presiden Nomor Urut 02, Sandiaga Uno saat Debat Cawapres Pilpres 2019 yang digelar pada Minggu (17/3/2019) malam 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Ketua Dewan Pendidikan Jawa Timur, Akh Muzakki menilai gagasan Cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno yang ingin mendorong pengusaha untuk berinvestasi di bidang riset kurang tepat.

Menurut Muzakki, selama ini untuk mendorong perusahaan untuk berinvestasi di bidang pendidikan sangat sulit.

"Kita belajar dari pengalaman sebelumnya, kita ini sudah ada UU CSR dan itu artinya harus ada kontribusi dari dunia usaha untuk pendidikan, tapi fakta yang terjadi justru sekian banyak perusahaan yang besar tidak menyalurkannya untuk pendidikan tetapi untuk kepentingan yang lain," kata Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya saat dihubungi TribunJatim.com, Senin (18/3/2019).

Debat Cawapres Pilpres 2019, Bambang Haryo Nilai Sandiaga Uno Lebih Menguasai Materi

Muzakki menjelaskan, undang-undang yang dimaksud adalah UU no 40 tahun 2017 tentang perseroan terbatas dan PP no 47 tahun 2012 tentang tanggung jawab sosial dan lingkungan perseroan terbatas.

Menurut Muzakki, seharusnya kedua paslon capres-cawapres lebih visioner untuk memikirkan desain pendidikan 10 tahun ke depan.

"Tahun 2025 ini kita akan memasuki negara dengan pondasi ekonomi paling besar, lalu kita juga akan memasuki bonus demografi juga, desain ini penting agar pendidikan kita tidak kalah dengan negara lain," kata Muzakki.

3 Hal Menarik di Debat Cawapres 2019, Sandiaga Uno Ucapkan Selamat Ulang Tahun untuk Maruf Amin

Namun dalam desain tersebut, kata Muzakki harus tetap memuat nilai-nilai Pancasila dan kebhinekaan.

"Ini harus diperkuat, jangan sampai itu tercerabut, karena kalau tidak ada, kita akan kehilangan jati diri di derasnya arus teknologi industri ini," kata Muzakki.

Dalam Debat Cawapres Pilpres 2019 yang digelar pada Minggu (17/3/2019) malam, Sandiaga Uno mengatakan inovasi riset dan teknologi bisa menjadi investasi.

Dewan Pendidikan Jatim Nilai Visi Maruf Amin Soal Dana Riset Abadi Cemerlang

"ini bukan hanya soal besaran anggarannya, tapi konsolidasi dunia usaha akademik dan pemerintah punya sinergi banyak, seharusnya tidak terpakai oleh dunia usaha, kami akan perbaiki kuncinya adalah pada kolaborasi kami akan memastikan dunia usaha dapat insentif jika mereka berinvestasi di bidang riset," kata Sandiaga Uno.

Yuk Subscribe YouTube Channel TribunJatim.com:

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved