Rumah Politik Jatim

Dewan Pendidikan Jatim Nilai Visi Ma'ruf Amin Soal Dana Riset Abadi Cemerlang

Dewan Pendidikan Jatim, Akh Muzakki memuji gagasan Cawapres nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin berencana untuk memberikan dana abadi riset jika terpilih

Dewan Pendidikan Jatim Nilai Visi Ma'ruf Amin Soal Dana Riset Abadi Cemerlang
TribunWow.com/Rusintha Mahayu
Debat Cawapres 2019, Sandiaga Uno dan Ma'ruf Amin. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

TRIBUNJATI.COM, SURABAYA - Ketua Dewan Pendidikan Jatim, Akh Muzakki memuji gagasan Cawapres nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin yang berencana untuk memberikan dana abadi riset jika terpilih bersama Capres nomor urut 01 Jokowi dalam Pemilu 2019.

Gagasan tersebut disampaikan Ma'ruf dalam debat Cawapres yang diselenggarakan Minggu (17/3/2019) malam.

"Rencana untuk membuat dana abadi untuk riset saya kira itu pilihan yang cemerlang, karena selama ini kita punya dana untuk pendidikan tapi masih difokuskan untuk beasiswa yang jumlahnya cukup banyak," kata Muzakki, saat dihubungi TribunJatim.com, Senin (18/3/2019).

Dana abadi untuk riset ini lanjut Muzakki bisa menjadi modal penting untuk membangun database yang kuat sebagai dasar untuk penelitian.

Safari Politik di Gresik, Cawapres Maruf Amin Tepis Kabar Bohong Bakal Diganti Ahok Jika Terpilih

Nikita Mirzani Gelar Acara Syukuran Berlimpah Makanan Total Rp1 M, Bantah dari Hasil Endorse

Ikama Hadirkan Ustaz Abdul Somad Beri Tausiyah Warga Bangkalan, Ketua Ikama: UAS Tak Terkontaminasi

"Karena data ini tidak bisa asal comot dari data-data yang berkeliaran tanpa adanya riset yang mendalam terlebih dahulu," ucap guru besar UIN Sunan Ampel Surabaya ini kepada Tribunjatim.com.

Dengan adanya jaminan anggaran dari pemerintah untuk menyelenggarakan riset ini, menurut Muzakki bisa mendorong inovasi dan penemuan teknologi baru yang bisa membuat Indonesia bersaing di era teknologi industri ini.

"Visi paslon 01 ini menarik untuk kita telaah bersama-sama," kata Muzakki kepada Tribunjatim.com.

Seperti diketahui dalam debat Cawapres yang diselenggarakan di hotel Sultan Jakarta tersebut, Ma'ruf Amin menilai riset merupakan satu tolok ukur berkembangnya suatu negara untuk itu Jokowi dan dirinya akan mengembangkan reset dengan mengkoordinasikan semua alokasi dana.

"Nanti akan kita satukan agar koordinasi dan kami bentuk badan riset nasional. Kita sepakat sediakan dana abadi riset dibanding dana abadi pendidikan. Kami yakin riset di masa akan datang akan memajukan negara ini," kata Ma'ruf Amin.

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved