Jalan Tol Makan Korban

Polda Jatim Pastikan Ada Kelalaian Pengerjaan Tol Pasuruan - Probolinggo

Penyidik Ditreskrimum Polda Jatim bakal menguak unsur kelalaian jatuhnya girder tol Pasuruan-Probolinggo pembawa maut, hingga ...

SURYA/GALIH LINTARTIKA
Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin meninjau lokasi jatuhnya girder maut proyek tol Pasuruan - Probolinggo (Paspro), Selasa (30/10/2017) siang. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Penyidik Direktorat Reserse Kriminal (Ditreskrimum) Polda Jatim bakal menguak unsur kelalaian jatuhnya girder tol Pasuruan - Probolinggo (Paspro) yang menewaskan seorang pekerja dan dua orang luka berat.

"Kelalaian itu pasti. Tinggal menunggu pembuktian saja," tandas Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera, Selasa (31/10/2017).

Apa saja unsur kelalaian yang didalami penyidik? Sayangnya, mantan Kabid Humas Polda Sulsel ini enggan menjelaskan secara rinci.

Namun dalam peristiwa jatuhnya girder yang berlangsung, Minggu (29/10/2017) banyak hal yang harus diteliti. Seperti humman error, standar operasional prosedur, cuaca dan lain sebagainya.

"Nanti akan dibuktikan oleh penyidik melalui scientific identification dan second opinion yang dikemukan penyidik. Ditambah lagi dengan hasil Labfor Mabes Polri Cabang Surabaya," tandasnya.

Tol Pasuruan-Probolinggo Ambruk, 1 Tewas, 1 Luka Parah, Naib Pekerja Lain Belum Jelas

Sempat Terjepit Girder, Korban Tol Pasuruan-Probolinggo Selamat dari Maut Gara-gara ini

Pascakejadian, penyidik yang turun ke lapangan untuk mengidentifikasi ada tengara yang tidak sesuai dengan unsur di lapangan.

Malahan yang menjadi pertanyaan besar, saat girder ditarik ke atas untuk ditempatkan, kenapa dibiarkan ada orang atau pekerja berada di bawahnya.

"Kan tidak harus mengawal secara manual. Sekarang komunikasi sudah canggih, ada handy talky (HT), tapi kenapa dibiarkan ada orang berada di bawah yang akhirnya tertimpa," tegasnya

Halaman
123
Penulis: Anas Miftakhudin
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved