Traffic Report

Inilah Beberapa Titik di Jawa Timur yang Perlu Diwaspadai Para Pemudik Agar Tak Terjebak Kemacetan

Berikut data sejumlah kawasan potensial macet dalam empat jalur di Jawa Timur.

Penulis: Pradhitya Fauzi | Editor: Alga W
SURYA/SAMSUL HADI
Kondisi simpang empat 511, Sananwetan, Kota Blitar, Rabu (6/6/2018). Simpang empat 511 ini menjadi salah satu titik rawan macet saat arus mudik Lebaran. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Pradhitya Fauzi

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Wadirlantas Polda Jatim, AKBP Muhammad Aldian mengatakan, potensi kemacetan selama mudik dapat terjadi dimanapun, termasuk di ruas jalan sepanjang Jatim.

Oleh karena itu, Aldian menuturkan para pemudik harus cermat untuk menentukan jam yang benar-benar tepat untuk menempuh perjalanan mudik.

Tak hanya itu, pengendara juga harus mencatat sejumlah lokasi yang berpotensi terjadi troublespot (area kemacetan) agar dapat mudik dengan nyaman dan aman.

Bersumber dari Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jatim, berikut data sejumlah kawasan potensial macet dalam empat jalur, yakni jalur lintas Selatan, jalur Tapal Kuda, lintas Utara atau Pantura, sampai jalur lintas Tengah.

Baca: Inilah Sejumlah Jalur Blackspot yang Perlu Diwaspadai Saat Mudik dan Balik

Aldian memastikan, salah satu akses yang dilintasi pemudik adalah Jembatan Widang yang berlokasi di Kabupaten Lamongan.

Menurutnya, jembatan yang sempat ambruk beberapa waktu lalu telah dapat dilalui kendaraan, sejak 5 Juni 2018 lalu.

Hanya saja, tonase kendaraan yang diperbolehkan melintas di sana perlu diperhatikan dan tak bisa berbarengan.

"Selama Operasi Ketupat Semeru 2018, Polres Tuban akan mengatur kendaraan yang lewat di Jembatan Widang,” terang Aldian kepada TribunJatim.com, Selasa (12/6/2018).

Baca: Resmi Beroperasi, Intip 5 Fasilitas First Class di Kereta Sleeper PT KAI, Dijamin Betah!

Untuk di jalur Utara, mulai dari Pasuruan, Probolinggo, Situbondo, Banyuwangi, Tuban, Lamongan, Gresik, sampai Sidoarjo, TribunJatim.com memperoleh data dimana dalam delapan daerah itu, ada tujuh lokasi yang rawan macet.

Di Tuban saja, TribunJatim.com mendapati ada troublespot di Jalan Tuban-Babat Jembatan Kepet, tepatnya di KM 8.

Lalu, untuk troublespot di jalur lintas Utara, ada beberapa lokasi, antara lain Jalan Raya Jember, Desa Kalibaru Kulon, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi, depan terminal Genteng, Banyuwangi, Jalan Raya Lamongan-Babat KM 73, Jalan Raya Duduk Sampeyan, Rel KA Legok, Gempol, Pasuruan, sampai Simpang Tiga alun-alun Bangil, Pasuruan.

”Di wilayah Duduk Sampeyan, arus lalu lintas lebih cair dibanding tahun sebelumnya,” lanjut mantan Kapolres Pasuruan itu.

Baca: Tanda Tangan Donald Trump dan Kim Jong Un Dianalisis Para Pakar Bedah, Kepribadian Keduanya Mirip?

Kemudian, untuk jalur lintas Tengah, mulai Jombang, Kediri, Nganjuk, Madiun, Ngawi, Surabaya, sampai Mojokerto, di sepanjang jalan yang melalui kota dan kabupaten itu ada juga troublespot yang menjadi perhatian bagi Ditlantas Polda Jatim.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved