Pileg 2019

Ingin Lolos dan Jadi Anggota DPRD, Puluhan Caleg Perempuan Pilih Berguru ke Khofifah

Puluhan caleg perempuan memilih berguru ke Khofifah agar bisa terpilih dan lolos menjadi anggota DPRD.

SURYA/FATIMATUZ ZAHROH
Gubernur Jatim Soekarwo saat bertemu dengan Gubernur dan Wagub Jatim terpilih Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Sabtu (28/7/2018) sore. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Puluhan calon legislatif perempuan datang ke rumah Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur terpilih 2019-2024 di kawasan Jemursari, Surabaya, Senin (30/7/2018).

Kesuksesan Khofifah dalam Pilgub Jawa Timur 2018 membuat dia jadi inspirasi dan role model bagi perempuan untuk bisa sukses berkiprah di dunia politik.

Para caleg perempuan yang datang ke rumah Khofifah ini yakin perempuan juga mendapatkan kepercayaan masyarakat untuk berkiprah di pemerintahan baik eksekutif maupun legislatif.

Siti Nurjanah Direktur Women and Youth Development Institute of Indonesia (WYDII) mengatakan, puluhan caleg yang hadir ke rumah Khofifah terdiri dari sepuluh partai berbeda.

"Mereka dari 10 partai yang berbeda-beda. Mulai PPP, Partai Golkar, Partai Gerindra, Perindo, PKB dan beberapa partai lain," kata Nurjanah.

10 Tahun Angka Kemiskinan di Jatim Turun 7,53%, Pakde Karwo Dukung Khofifah Percepat Pengentasan

Lebih lanjut ia menyebut para caleg ini memang sedang menjalani pelatihan tentang persiapan strategi menghadapi Pileg 2019.

Mereka sengaja diajak dan dipertemukan dengan Khofifah, untuk mendapatkan transfer ilmu, pengalaman dan pembelajaran dari sosok perempuan yang baru saja menang dalam kontestasi politik Jawa Timur yaitu Khofifah.

"Gus Dur selalu bilang untuk be your self, jadilah diri sendiri, and do the best, lakukan yang terbaik. Dan tidak ada yang khusus selain kerja keras, kerja keras dan kerja keras," ucap Khofifah mengawali sesi berbagi bersama para caleg perempuan ini.

Ia mengaku dirinya bukan anak orang besar, bukan juga anak dari kiai besar. Namun ia ingin mengajarkan pada para caleg perempuan yang hadir dir umahnya bahwa hal itu bukan jadi kendala.

Khofifah Ikut Jalan Sehat Bareng Jokowi, Topik Masalah yang Dibahas Kini Berbeda

Bukan menjadi alasan seseorang untuk perempuan berkecil hati untuk berkiprah di dunia politik maupun pemerintahan.

"Namun yang juga saya sarankan adalah meet the people, turun ke masyarakat dan temui mereka, bersapa. Sebab kalau hanya share video itu tidak akan cukup dibandingkan bertemu langsung," kata Khofifah.

Pertemuan itu juga diikuti dengan sesi tanya jawab. Banyak yang curhat bahwa perlakukan diskriminasi dari caleg laki-laki, serta ada beberapa yang meminta agar mereka diberi tips untuk bisa menang Pileg.

Salah satu caleg dari Partai Golkar yang ikut dalam pertemuan dengan Khofifah, Mimik Lestari. Dia mengatakan, dirinya mengaku mendapatkan inspirasi dan motivasi besar dari Khofifah.

"Beliau semakin membesarkan tekad saya untuk menang. Dan saya semakin yakin bahwa sekarang politik uang sudah tidak jamannya. Dan yang saya tangkap adalah kerja keras kerja keras dan kerja keras," kata perempuan yang nyaleg DPRD Provinsi Jatim ini. (Surya/fatimatuz zahroh)

Inilah Ganyang Penghalang Demokrasi Pancasila, Wisudawan Prodi Sejarah UM yang Viral di Medsos

Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved