Ayo Hidup Sehat Jadi Tema HKN ke 54, Jaga Mata Sehat

Hari Kesehatan Nasional Indonesia (HKN) ke 54, mengangkat Tema Ayo Hidup Sehat. Apa yang terlintas di benak Anda ketika membahas soal hidup sehat? Tid

Ayo Hidup Sehat Jadi Tema HKN ke 54, Jaga Mata Sehat
Kompasiana
Klaim kacamata pakai BPJS 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Hefty Suud

TRIBUNJATIM.COM SURABAYA - Hari Kesehatan Nasional Indonesia (HKN) ke 54, mengangkat Tema Ayo Hidup Sehat. Apa yang terlintas di benak Anda ketika membahas soal hidup sehat? Tidakkah terbesit soal menjaga mata sehat?

Mata merupakan organ tubuh yang berfungsi sebagai indra penglihatan. Namun, ada beberapa orang yang tidak terlahir dengan kondisi mata sempurna.

Untuk itu, menjaga kesehatan organ penglihatan menjadi sesuatu yang tidak boleh dilewatksn. Menjaga kesehatan mata, sama dengan menjaga kualitas penglihatan kita.

Tribunjatim.com telah mewawancarai dokter spesialias mata, Lidya Nuradiyanti Sp M untik memberikan tips menjaga kesehatan mata untuk Anda. Berikut ulasannya:

1. Menggunakan Kaca Mata
Lidya menyampaikan, penggunaan kaca mata untuk kegiatan di luar ruangan, khususnya saat berkendara adalah penting.

"Kalau untuk pengendara motor, kaca helm itu sebaiknya ditutup. Apalagi saat musim kemarau, angin yang berhembus biasanya mengandung kerikil," ujar Lidya kepada TribunJatim.com.

Tiba di Surabaya, Jenazah Deryl Korban Lion Air JT-610 Disambut Isak Tangis Keluarga

Penggunaan kaca mata, dapat melindungi mata dari kemasukan debu, sehingga tidak terjadi iritasi.

Apalagi jika cuaca sedang terik, gunakanlah kaca mata dengan perlindungan ultra violet. Hal ini dapat menjadi salah satu cara mencegah katarak.

2. Jangan Mengucek Mata
"Kalau kelilipan lalu diucek, itu tidak menyelesaikan masalah. Malah benda asing yang masuk ke mata, semakin masuk ke dalam," ungkap Lidya.

Halaman
12
Penulis: Hefty Suud
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved