Rumah Politik Jatim

Deklarasi Pemilu Damai, Kementerian Agama Jawa Timur Gelar Dialog Lintas Agama di Situbondo

Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur menggelar dialog lintas agama di gedung aula MTsN Panji, Situbondo, Rabu (30/1/2019).

Deklarasi Pemilu Damai, Kementerian Agama Jawa Timur Gelar Dialog Lintas Agama di Situbondo
SURYA/IZI HARTONO
Perwakilan tokoh agama saat mendeklarasikan Pemilu damai dan anti hoaks seusai diaalog lintas agama di MTs N Panji, Situbondo, Rabu (30/1/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, SITUBONDO - Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur menggelar dialog lintas agama di gedung aula MTsN Panji, Situbondo, Rabu (30/1/2019).

Dialog bertema "Menjaga Kerukunan dan Toleransi Menuju Jawa Timir Damai dalam Mensukseskan Pemilu Tahun 2019" dihadiri Kasubag Hukum dan Kerukunan Umat Beragama (KUB) Kementerian Agama Jawa Timur, Moh Ersyad. unsur dari Polres, Kodim 0823, FKUB, MUI dan tokoh lintas agama.

Moh Ersyad mengatakan, pihaknya sengaja menggelar diskusi lintas agama di Situbondo.

Menurutnya, ada beberapa pertimbangan, satu di antaranya karena Situbondo majemuk dibandingan dengan kota dan kabupaten lain di Jawa Timur.

Selain itu, kata Moh Ersyad, di Situbondo pernah ada konflik, sehingga Kementerian Agama mempunyai fikiran diskusi atau dialog digelar di Situbondo.

"Tahun ini ada 18 kabupaten dan satu kota, jadi totalnya ada 19 kota dan kabupaten," ujar Moh Ersyad kepada Surya (grup TribunJatim.com).

Program Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal, Ada Pembangunan Rumah Sakit dan Bebaskan Biaya Pendidikan

Ia berharap dengan dialog ini, nantinya masyarakat di Situbondo tetap rukun selamanya.

"Saya berharap kepada tokoh agama tidak harus selesai di sini, melainkan harus menyampaikan kepada umatnya dan masyatakat umum," katanya.

Saat disinggung untuk menekan terjadinya konflik, Moh Ersyad menjelaskan, perlu ada silaturahmi antara tokoh masyarakat dan tokoh agama, serta perlu adanya pendidikan pemahaman tentang pentingnya kerukunan.

Sebab tanpa adanya kerukunan maka tidak dapat membangun dengan tenang.

Antisipasi Pohon Tumbang, DLHK Sidoarjo Awasi Tiap Jalan & Siagakan Personel yang Bawa Gergaji Mesin

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama Situbondo, Atok Illah mengatakan, kegiatam dialog ini diselenggarakan oleh Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur.

Tujuannya, kata Atok, untuk menjaga kondisifitas Situbondo menjelang Pemilu, agar suasana aman dan tentram damai kondusif tetap terjaga.

"Tadi yang hadir ada empat tokoh agama, Hindu, Kresten, Protestan dan Islam," katanya.

Setelah itu, para perwakilan tokoh agama dan para undangan menggelar Deklarasi Pemilu Damai dan anti hoaks. (Izi Hartono)

Penulis: Izi Hartono
Editor: Ani Susanti
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved