Universitas Jember Miliki Kampus di Pasuruan

Setelah di Bondowoso dan Lumajang, kini Universitas Jember (Unej) memiliki kampus di Kota Pasuruan. Peluncuran pelebaran sayap kampus Unej itu dilaku

Universitas Jember  Miliki Kampus di Pasuruan
istimewa
Peluncuran Unej Kampus Pasuruan 

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Setelah di Bondowoso dan Lumajang, kini Universitas Jember (Unej) memiliki kampus di Kota Pasuruan. Peluncuran pelebaran sayap kampus Unej itu dilakukan Sabtu (4/5/2019).

Pelebaran sayap Unej itu ditandai dengan penandatangan berita acara serah terima aset, sarana dan prasarana serta sumber daya manusia dari Akademi Keperawatan Pemerintah Kota Pasuruan kepada Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), untuk kemudian diserahkan pengelolaannya kepada Universitas Jember.

Dengan adanya kampus itu, maka Universitas Jember memiliki tiga kampus di luar Jember, yakni diBondowoso, Lumajang, dan Kota Pasuruan.

Kampus Unej yang berada di Kota Pasuruan itu awalnya Akademi Keperawatan Pasuruan. Akademi itu merupakan aset milik Pemkot Pasuruan.

Setelah dikelola Unej, maka namanya berubah menjadi Program Studi Diploma Tiga Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Pasuruan.

Penyerahan aset, sarana dan prasarana, serta sumber daya manusia Akademi Keperawatan Pasuruan dilaksanakan oleh Raharto Teno Prasetyo, Wakil Wali Kota Pasuruan mewakili Pemerintah Kota Pasuruan, sementara dari Kemenristedikti diwakili Sylvia Supartiningsih, Kasubdit Penataan Kelembagaan Ditjen Kelembagaan dan Angga Fajar Kepala Sub Bagian Barang Milik Negara Kemenristekdikti.

Putra Kiai Pendukung Prabowo-Sandi Madura Tolak Ikuti People Power Arahan Amien Rais

2.600 Rumah Masih Terendam Banjir di Gresik

Soal Syukuran Kemenangan BPP Prabowo Sandi Jatim, TKD Jatim: Yang Menentukan Kemenangan Siapa?

Penandatanganan berita acara disaksikan oleh Rektor Unej Moh Hasan.

Turut hadir menyaksikan para dekan di lingkungan Universitas Jember, dan sivitas akademika Akademi Keperawatan Pasuruan.

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo menyampaikan bahwa proses penyatuan Akademi Keperawatan Pemerintah Kota Pasuruan ke dalam Universitas Jember diyakini menjadi langkah terbaik sesuai amanat Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah yang menjadikan urusan pendidikan tinggi menjadi kewenangan pemerintah pusat.

“Saya yakin, arah perkembangan Akademi Keperawatan Pemerintah Kota Pasuruan yang kini dikelola oleh Universitas Jember akan makin baik karena dikelola secara professional,” ujar Raharto seperti dalam rilis yang dikirimkan Bagian Humas Unej, Sabtu (4/5/2019).

Bergabungnya Akademi Keperawatan Pemerintah Kota Pasuruan menjadi bagian dari Universitas Jember disambut hangat oleh Rektor Unej Moh Hasan. Menurutnya penyatuan ini menunjukkan bahwa Pemerintah Kota Pasuruan memiliki visi yang jauh ke depan sekaligus menunjukkan kepedulian akan pendidikan bagi warganya. Senada dengan pendapat Rektor Universitas Jember, Sylvia Supartiningsih meminta secara khusus kepada Pemerintah Kota Pasuruan untuk tetap membantu pengembangan Universitas Jember Kampus Pasuruan.

“Universitas Jember Kampus Pasuruan bakal terus berkembang, oleh karena itu perlu dukungan semua pihak terutama pemerintah kota dan warga Pasuruan misalnya dengan dukungan penyediaan lahan dan bantuan lainnya,” tutur Sylvia Supartiningsih.

Kegembiraan juga ditunjukkan para mahasiswa Akademi Keperawatan Pemerintah Kota Pasuruan yang kini beralih menjadi Program Studi Diploma Tiga Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Pasuruan.

“Kami gembira resmi jadi mahasiswa Universitas Jember Kampus Pasuruan, semoga perkembangan Program Studi Diploma Tiga Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Pasuruan makin baik, sebab sudah ada di bawah Universitas Jember yang sudah punya nama,” kata salah satu mahasiswi, Diana Safitri. (Sri Wahyunik/TribunJatim.com).

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved