Problem Cek Kesehatan, CJH Pamekasan Gagal Berangkat ke Tanah Suci Karena Pelunasannya Ditolak

Keluarga Ny Ina Binti Halil Jutahir (58), warga Dusun Arsojih, Galis, Pamekasan, menyatakan kekecewaan terhadap Kantor Kemenag Pamekasan

Problem Cek Kesehatan, CJH Pamekasan Gagal Berangkat ke Tanah Suci Karena Pelunasannya Ditolak
Birminghammail
mekkah - kabah - haji 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Muchsin Rasjid

TRIBUNJATIM.COM, PAMEKASAN – Keluarga Ny Ina Binti Halil Jutahir (58), warga Dusun Arsojih, Desa Pagendingan, Kecamatan Galis, Pamekasan, menyatakan kekecewaan terhadapKantor Kementrian Agama (kemenag) Pamekasan.

Nama Ina dipastikan tahun gagal berangkat pergi ke Tanah Suci Mekah tahun ini. padahal namanya sudah terdaftar  dalam sistem computer haji terpadu (Siskohat).

Ina hanya diberi kabar terdapat kesalahan dalam sistem di bank, sehingga tidak bisa menyetor biaya pelunasannya.

(2 CJH di Sampang Meninggal Usai Lunasi Biaya Haji, Kemenag Terima Surat Kematiannya dari Keluarga)

Akibatnya, janda empat anak dini dianggap tidak melunasi biaya haji.

Uswatun Hasanah (37), anak Ina menyebut, Ibunya mendaftar naik haji pada Februari 2011 lalu dan membayar uang muka Rp 25 juta di BRI Cabang Pamekasan dan sudah masuk ke rekening tabungah haji nasabah.

Kemudian pada September 2018 lalu, ia membuka website Kanwil Kemenag, di Siskohat, nama ibunya tercantum dan dinyatakan berangkat pada musim haji 2019.

Selanjutnya, sesuai ketentuan, bagi yang sudah dinyatakan berangkat, maka diharuskan menyelesaikan sejumlah persyaratan.

Di antaranya mengurus cek kesehatan dan diharuskan membayar biaya pelunasan, yang telah ditentukan paling lambat 14 April 2019.

Sebelum membayar biaya pelunasan, salah seorang tetangganya yang sama-sama menyetor di hari tanggal dan bulan yang sama, mendapat undangan dari Kankemenang untuk persiapan berangkat haji.

Halaman
123
Penulis: Muchsin Rasjid
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved