Pemilu 2019

Antisipasi Aksi People Power, Polisi Gelar Sweeping di Terminal Bungurasih dan Stasiun Sidoarjo

Polresta Sidoarjo bersama Brimob, TNI, Dinas Perhubungan (Dishub), dan sejumlah instansi lain menggelar razia besar-besaran di terminal dan stasiun.

Penulis: M Taufik | Editor: Dwi Prastika
SURYA/M TAUFIK
Petugas gabungan saat melakukan operasi di Terminal Purabaya Surabaya. Semua penumpang dan barang bawaannya diperiksa, khususnya penumpang tujuan Jakarta, Sabtu (18/5/2019) malam. 

TRIBUNJATIM.COM - Polresta Sidoarjo bersama Brimob, TNI, Dinas Perhubungan (Dishub), dan sejumlah instansi lain menggelar razia besar-besaran di terminal dan stasiun, Sabtu (18/5/2019) malam.

Razia pertama digelar di Terminal Purabaya Surabaya di Bungurasih Sidoarjo.

Di sana, para penumpang diperiksa satu persatu oleh petugas.

Termasuk barang bawaannya, juga digeledah oleh petugas gabungan.

"Fokus kita terhadap para penumpang bus. Utamanya jus jurusan Jakarta," ungkap Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, di sela razia, Sabtu (18/5/2019).

Antisipasi People Power, Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Sweeping di Jembatan Suramadu

FAKTA Isu Demo 22 Mei & Serangan Bom, Polisi Amankan Terduga 68 Teroris, Semua Terkait Pemilu 2019

Kenapa jurusan Jakarta?

Menurut Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, selain untuk cipta kondisi saat Ramadan dan menjelang Lebaran, sweeping sengaja dilakukan sebagai bentuk antisipasi terhadap aksi people power menjelang pengumuman hasil Pemilu 2019 oleh KPU.

Petugas gabungan saat melakukan operasi di Terminal Purabaya Surabaya. Semua penumpang dan barang bawaannya diperiksa, khususnya penumpang tujuan Jakarta, Sabtu (18/5/2019) malam.
Petugas gabungan saat melakukan operasi di Terminal Purabaya Surabaya. Semua penumpang dan barang bawaannya diperiksa, khususnya penumpang tujuan Jakarta, Sabtu (18/5/2019) malam. (SURYA/M TAUFIK)

"Sasaran razia adalah pelaku kriminal, pelaku teror, serta pihak-pihak yang hendak ke Jakarta untuk aksi tersebut," lanjut Kombes Pol Zain Dwi Nugroho.

Terlihat personel Brimob Polda Jatim dengan berseragam serba hitam dan membawa sejumlah senjata turut melakukan sweeping di terminal bus di Bungurasih tersebut.

Polres Sumenep Melarang Ormas Sweeping Tempat Makan yang Buka Siang Hari di Bulan Ramadan

Kasat Brimob Polda Jatim, Kombes Pol Ketut Wijatmika, bersama Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, tampak turut aktif memimpin sepanjang razia tersebut berlangsung.

Petugas juga terlihat berkomunikasi dengan beberapa penumpang bus.

Mereka mengimbau kepada masyarakat agar menunda keberangkatan ke Jakarta.

"Karena keselamatan diri jauh lebih penting, lantatan adanya potensi kegiatan aksi tersebut ditumpangi pelaku teror yang akan mengganggu kamtibmas di kantor KPU pada 22 Mei 2019 nanti," pesan Kombes Pol Zain Dwi Nugroho.

Partai Koalisi 02 DPD PAN Pamekasan Tolak People Power, Sebut Bukan Cara Penyelesaian yang Baik

Tak berhenti di terminal, razia gabungan juga digelar di Stasiun Sidoarjo.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved