Rumah Politik Jatim

PDIP Dapat Jatah Kursi Ketua DPRD Jatim, Baru Bahas Figur Seusai Pelantikan Anggota DPRD Baru

PDIP Dapat Jatah Kursi Ketua DPRD Jatim, Baru Bahas Figur Seusai Pelantikan Anggota DPRD Baru.

PDIP Dapat Jatah Kursi Ketua DPRD Jatim, Baru Bahas Figur Seusai Pelantikan Anggota DPRD Baru
TRIBUNJATIM.COM/SOFYAN ARIF CANDRA SAKTI
Ketua DPD PDIP Jatim, Kusnadi 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - DPD PDI Perjuangan Jatim sampai saat ini, Senin (1/7/2019) belum membahas nama yang akan menduduki pimpinan DPRD Provinsi Jatim.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim Kusnadi mengatakan pembahasan tersebut baru akan dimulai ketika penetapan dan pelantikan anggota DPRD Jatim periode 2019 - 2024 sudah dilaksanakan.

Kusnadi menjelaskan, di dalam putusan DPP PDIP salah satu yang diprioritaskan untuk menjadi pimpinan DPRD adalah pengurus partai dari unsur Ketua Sekretaris atau Bendahara (KSB).

Jelang Kongres PDIP Pada Agustus Nanti, PDIP Jatim Bawa Nama Megawati Soekarnoputri Jadi Ketua Umum

Gelar Rakercab, PDIP Surabaya Masih Percaya Whisnu Sakti Buana Jadi Kandidat Terkuat Ketua DPC

Serap Aspirasi dari PAC dan Ranting, PDIP Bakal Jaring Figur di Pilwali Surabaya Pada September Ini

"Kalau di dalam AD ART tidak disebutkan seperti itu tapi kalau dari putusan DPP memang KSB diberikan prioritas," ucap Kusnadi, Senin (1/7/2019).

Namun begitu, Kusnadi menjelaskan prioritas tersebut tidak mutlak, yang artinya pimpinan DPRD bisa diambil dari siapa saja yang ada di dalam fraksi.

"Semua yang sudah menjadi anggota dewan mempunyai hak yang sama seluruhnya untuk menjadi pimpinan," ucap Wakil Ketua DPRD Jatim ini.

Kusnadi pun mengungkapkan, salah satu kriteria yang akan ditunjuk PDIP untuk dijadikan Ketua DPRD Jatim adalah yang berpengalaman.

"Walaupun dari unsur KSB kalau tidak berpengalaman sehingga nantinya tidak mampu menjalankan tugas, tentu itu tidak baik. Jadi yang belum berpengalaman itu belajar dulu," ucapnya.

Seperti diketahui, PDIP menjadi partai pemenang dalam Pemilu 2019 dimana partai asuhan Megawati Soekarnoputri ini sukses meraih 27 kursi menggeser PKB ke urutan kedua yang mendapatkan 25 kursi.

Dengan begitu PDIP berhak untuk mengisi kursi Ketua DPRD Jatim.

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved