Rumah Politik Jatim

Pesimis Kader Internalnya, Demokrat Jatim Malah Usung Pengurus PKB Jadi Figur Maju Pilbup Sidoarjo

Pesimis Kader Internalnya, Demokrat Jatim Malah Usung Pengurus PKB Jadi Figur Maju Pilbup Sidoarjo.

Pesimis Kader Internalnya, Demokrat Jatim Malah Usung Pengurus PKB Jadi Figur Maju Pilbup Sidoarjo
SURYA/BOBBY CONSTANTINE KOLOWAY
Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Jatim, Renville Antonio saat bersama Anik Maslachah, Wakil Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jatim di Surabaya beberapa waktu lalu 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Partai Demokrat bersikap realistis di Pilbup Sidoarjo 2020 mendatang.

Tak memaksakan mengusung kader internalnya, partai berlambang bintang mercy ini membuka kemungkinan mengusung kader partai lain, di antaranya kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Bahkan, bukan hanya menyebut nama partai, Demokrat Jatim juga menyiapkan nama. Adalah Anik Maslachah, Wakil Ketua DPW PKB Jatim yang diusulkan maju di pilbup Sidoarjo sebagai kandidat Bupati.

HUT Bhayangkara ke 73, Barisan Siswa SD Sidoarjo: Selamat Ulang Tahun Pak Polisi

Muncul Nama Rahmat Muhajirin di Bursa Pilbup Sidoarjo 2020, Modalnya Lolos DPR RI & Suara Banyak

Pilbup Sampang Madura akan Diulang, KPU Jatim dan Sampang Gelar Koordinasi Hari ini

Hal ini disampaikan Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Jatim, Renville Antonio. Renville memuji pengalaman Anik yang telah berpengalaman di kursi legislatif dan dinilai telah tepat menyeberang ke kursi eksekutif.

Untuk diketahui, Anik memang merupakan mantan Anggota DPRD Sidoarjo yang kini duduk di DPRD Jatim. Di DPRD Jatim, Anik saat ini menjabat Ketua Komisi C sekaligus Sekretaris Fraksi PKB.

"Beliau sudah berpengalaman selama tiga periode di DPRD Jatim dan dua periode di DPRD Kabupaten Sidoarjo. Hal itu sudah cukup menjadi bekal untuk menjadi orang nomor satu di Sidoarjo,” kata kata Renville ketika dikonfirmasi di Surabaya, Senin (1/7/2019).

Selain soal pengalaman, Anik dinilai memiliki basis masa yang cukup kuat. Terbukti dengan perolehan suara Anik yang mencapai 119.652 suara di Sidoarjo dan menjadi caleg dengan suara terbanyak.

Hal ini diperkuat dengan basis masa perempuan yang juga direpresentasikan oleh Anik sebagai Ketua Perempuan Bangsa Jatim (Ormas sayap PKB). "Suara sebanyak itu menjadi bukti bahwa masyarakat Sidoarjo mengharap sosok beliau maju di pilbup,” kata Renville yang juga Anggota Komisi C DPRD Jatim dan satu komisi dengan Anik ini.

Untuk mewujudkan hal ini, Demokrat akan membuka komunikasi dengan parpol lainnya, termasuk PKB. "Kami terbuka dengan siapa saja untuk membangun koalisi untuk memuluskan jalan niatan kami di mengusung Ibu Anik di pilbup Sidoarjo,” tutupnya.

Terkait dengan kesiapan maju di Pilkada Sidoarjo, Anik belum bersedia berkomentar. Ia lebih memilih bungkam.

Berdasarkan hasil pemilu 2019, Demokrat mengalami penurunan cukup signifikan dibandingkan pemilu sebelumnya. Di pemilu 2014, Demokrat berhasil meraih empat kursi kini menurun hanya menjadi satu kursi di 2019.

Meskipun demkian, koalisi PKB dan Demokrat apabila dapat terealisasi, jumlah kedua partai ini telah cukup untuk memenuhi persyaratan pendaftaran di KPU Jatim (20 persen/10 kursi DPRD Sidoarjo. Sebab, PKB pada pemilu 2019 mendapat 16 kursi sekaligus keluar sebagai pemenang di Sidoarjo.

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved