Sukses Perkuat Karakter Siswanya, SD Islam Al Muttaqin Wakili Gresik di Lomba Pramuka Jawa Timur

SD Islam yang terletak di Kecamatan Driyorejo itu memang berprestasi dalam bidang kepanduan pramuka.

Sukses Perkuat Karakter Siswanya, SD Islam Al Muttaqin Wakili Gresik di Lomba Pramuka Jawa Timur
Istimewa/ TribunJatim.com
Acara Pramuka di SD Islam Al Muttaqin Gresik 

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Keberhasilan penguatan karakter siswa di sekolah melalui gerakan Pramuka, Gudep 03 SD Islam Al-Muttaqin, Kabupaten Gresik, membuatnya terpilih dalam lomba gugus depan unggul Pramuka tingkat Jawa Timur.

SD Islam yang terletak di Kecamatan Driyorejo itu memang berprestasi dalam bidang kepanduan pramuka.

Bahkan, semua siswa di sekolah tersebut diwajibkan mengikuti ekstrakurikuler Pramuka.

Selasa (30/7/2019) sore, tim penilai dari Provinsi Jawa Timur melakukan visitasi di SD Islam Al-Muttaqin.

Mereka memeriksa tujuh komponen yakni sumber daya manusia, manajemen, administrasi, dana dan sarana prasarana, kegiatan, proses, prestasi serta kemitraan.

"Sekolah kami ditunjuk mewakili Kabupaten Gresik untuk maju ke lomba Jawa Timur. Itu karena kami tiga tahun berturut-turut juara lomba gugus depan unggul tingkat kabupaten," kata Andik Suyono, Ketua Majelis Pembimbing Pramuka SD Islam Al-Muttaqin.

Teka-Teki Adanya Marinir di Bawah Kapal Saat Soeharto Mancing Terjawab, Mantan Menteri Jadi Saksi

Andik yang juga kepala sekolah itu menuturkan jika berbagai macam kegiatan telah dilakukan di ekstrakurikuler pramuka.

Gerakan kepanduan ini juga sebagai bentuk penguatan karakter siswa.

Beberapa kegiatan yang paling menonjol adalah program kemitraan, kemudian kegiatan perkemahan beserta prestasi.

Diakui Andik, program kemitraan yang sudah dilakukan diantaranya menjalin hubungan antara kampus serta praktisi media untuk mengembangkan budaya literasi dikalangan siswa. Bahkan, kata dia, SD Islam Al-Muttaqin akan meluncurkan majalah sekolah.

"D idalam gerakan Pramuka mengembangkan banyak kegiatan diantaranya perkemahan serta latihan rutin. kami bekerjasama dengan berbagai pihak diantarnya kampus serta media massa," ungkapnya yang berharap sekolahnya bisa menjuarai lomba ini.

Sementara itu, tim penilai Nurhayati menjelaskan, beberapa komponen pernilaian sudah dilakukan. Khusus di SD Islam Al-Muttaqin, sumber daya manusia sangat mumpuni.

Sebab dari hasil visitasi, Nurhayati menilai jika orang tua atau wali murid juga turut menjadi pembina pramuka tingkat siaga maupun penggalang.

"Kalau di sini SDM-nya yang menonjol, namun soal administrasi masih ada yang kurang serta dan harus ada perbaikan. Selain menilai, kami juga memberi solusi untuk evaluasi," ungkapnya.

Nurhayati menjelaskan, selain SDM menonjol, beberapa kegiatan perkemahan maupun latihan gabungan menjadi nilai tersendiri. "Namun lagi-lagi soal administrasi yang harus diperbaiki," imbuhnya, usai visitasi lomba gugus depan pramuka sebagai upaya penguatan karakter siswa.

Editor: Januar AS
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved