Petugas Temukan Penyakit Cacing pada Jeroan Hewan Kurban di Kota Blitar

Bidang Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar menemukan penyakit cacing hati pada jeroan hewan kurban.

Petugas Temukan Penyakit Cacing pada Jeroan Hewan Kurban di Kota Blitar
samsu
Bidang Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar mengecek daging hewan kurban yang disembelih di RPH Kota Blitar, Minggu (11/8/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Bidang Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar menemukan penyakit cacing hati pada jeroan hewan kurban.

Petugas meminta panita kurban untuk membuang bagian jeroan yang terdapat penyakit cacing hati.

"Bagian jeroan yang terkena cacing hati kami minta untuk dibuang. Rata-rata kami menemukan penyakit cacing hati di jeroan hewan kurban sapi," kata Kabid Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar, Dewi Masitoh, Minggu (11/8/2019).

Dewi mengatakan penyakit cacing hati itu terdapat pada paru dan hati hewan kurban. Dewi memastikan meski terdapat penyakit cacing hati pada jeroan, daging hewan kurban itu masih layak dikonsumsi. "Kalau dagingnya tetap layak dikonsumsi," ujarnya.

Bidang Peternakan akan mengevaluasi temuan penyakit cacing hati pada hewan kurban. Bidang Peternakan akan mengintensifkan pemberian obat ke hewan tiap menjelang Hari Raya Idul Adha.

Berstatus Tersangka KPK, KPU Tulungagung Usulkan Penundaan Pelantikan Mantan Ketua DPRD Tulungagung

Libur Idul Adha Ala Santri Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, Nyate Bareng hingga Dijenguk Keluarga

"Saat diperiksa, rata-rata hewan kurban kelihatan sehat. Tapi ternyata masih terkena penyakit cacing hati. Ke depan, kami akan meningkatan pemberian obat ke hewan kurban menjelang Hari Raya Kurban," katanya kepada Tribunjatim.com.

Selain itu, Dewi juga mengimbau ke masyarakat agar hati-hati menyimpan daging kurban supaya tetap aman dikonsumsi. Daging kurban sebaiknya disimpan di freezer kulkas. Sebelum dimasukan ke freezer, lebih baik daging kurban dipotong dulu kecil-kecil sesuai selera.

"Kalau ingin memasak, tinggal mengambil daging yang sudah dipotong kecil-kecil sesuai kebutuhan. Jangan dikeluarkan semua dagingnya dari freezer. Khawatirnya bisa terkontaminasi bakteri," katanya. (sha/Tribunjatim.com)

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved