Mengenal Tanaman Bajakah yang Disebut Bisa Sembuhkan Kanker, Sempat Dianggap Tanaman Mistis

Tanaman yang bernama Bajakah menjadi sorotan dalam beberapa hari terakhir karena menyembuhkan kanker, seperti apa tanaman Bajakah sebenarnya?

Mengenal Tanaman Bajakah yang Disebut Bisa Sembuhkan Kanker, Sempat Dianggap Tanaman Mistis
Tayangan Youtube Kompas TV
Ekslusif AIMAN yang ditayangkan Kompas TV, Senin (12/8/2019) malam mengenai tanaman bajakah yang diklaim menyembuhkan kanker. 

TRIBUNJATIM.COM - Tanaman Bajakah kini menjadi sorotan setelah Yazid, Anggina Rafitri, dan Aysa Aurealya Maharani merupakan siwa dan siswi SMA 2 Palangkaraya, Kalimantan Tengah meraih medali emas di Korea Selatan berkat penelitian mereka terkait tanaman bajakah.

Hasil temuan ketiga siswa SMA itu, tanaman bajakah kini disebut bisa menyembuhkan kanker.

Padahal, selama ini sebagian masyarakat mengetahui bahwa pengoatan kanker masih dilakukan dengan cara kemoterapi atau operasi untuk membuang sel kanker yang menggerogoti tubuh.

Penemuan tersebut berawal sejak 2018 saat tiga siswa SMA Negeri 2 Palangkaraya melakukan penelitan terhadap tumbuhan bajakah.

Minum Rebusan Tanaman Bajakah dari Hutan Kalteng, Penderita Kanker Payudara Sembuh Total

Surya Paloh Disebut Ajak PKB, Golkar & PPP Tolak Gerindra, Arief Poyuono: Ini Ancaman untuk Jokowi

Tanaman Bajakah diolah secara sederahana hingga dilakukan uji laboratorium resmi terhadap kandungan bajakah di Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pada Mei 2019.

Alhasil, akar Bajakah terbukti mengandung antioksidan yang berlimbah dan mampu menjadi peyembuh kanker.

Ekslusif AIMAN yang ditayangkan Kompas TV, Senin (12/8/2019) malam mengenai tanaman bajakah yang diklaim menyembuhkan kanker.
Ekslusif AIMAN yang ditayangkan Kompas TV, Senin (12/8/2019) malam mengenai tanaman bajakah yang diklaim menyembuhkan kanker. (Tayangan Youtube Kompas TV)

Lantas apakah sebenarnya tumbuhan bajakah itu?

Ekslusif AIMAN yang ditayangkan Kompas TV, Senin (12/8/2019) malam mengenai tanaman bajakah yang diklaim menyembuhkan kanker. (KOMPAS TV)

Melalui tayangan AIMAN yang disiarkan Kompas TV, Senin (12/8/2019) malam, dielaborasi lebih jauh proses penelitian para siswi ini dan tanaman bajakah.

Bajakah merupakan tanaman khas Kalimantan Tengah yang sudah lama dipakai sebagai penyembuh kanker secara turun-temurun oleh nenek moyang suku Dayak.

Guru pembimbing Karya Ilmiah Remaja SMA 2 Palangkaraya, Herlina, mengatakan, belum pernah ada penelitian ilmiah terhadap bajakah.

Ely Sugigi Dekat dan Gandeng Pria Bule di Depan Irfan Sebastian, Ruben Onsu: Irfan Kayak Cemburu Yaa

Iis Dahlia Ikut Empat Grup Arisan, Segini Uang yang Dibayar Sang Pedangdut Setiap Bulan

Halaman
1234
Penulis: Elma Gloria Stevani
Editor: Januar AS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved