BREAKING NEWS: Bakar Barang Kedaluwarsa, Gudang Indomarco Pamekasan Terbakar, 2 Karyawan Luka Ringan

BREAKING NEWS: Bakar Barang Kedaluwarsa, Gudang Indomarco Pamekasan Terbakar, 2 Karyawan Luka Ringan.

BREAKING NEWS: Bakar Barang Kedaluwarsa, Gudang Indomarco Pamekasan Terbakar, 2 Karyawan Luka Ringan
SURYA/MUCHSIN RASJID
Petugas damkar, bersama FRB dan aparat Koramil Pademawu, membantu menyemprotkan air ke arah bara api, di Indomarco yang terbakar 

BREAKING NEWS: Bakar Barang Kedaluwarsa, Gudang Indomarco Pamekasan Terbakar, 2 Karyawan Luka Ringan

TRIBUNMADURA.CO, PAMEKASAN - Gudang Indomarco, distributor makanan dan minuman ringan berbagai merek dan jenis wilayah Madura, di Jl Raya Pamekasan–Sumenep, Desa Buddagan, Kecamatan Pademawu, Pamekasan, terbakar, Rabu (14/8/2019), sekitar pukul 12.30.

Dalam kebakaran yang berlangsung sekitar 30 menit itu, tidak sampai menghanguskan gudang dan seluruh isinya, melainkan hanya menghanguskan tumpukan makanan dan minuman yang sudah kedaluwarsa, di areal terbuka, di samping kiri gudang.

Warga Pamekasan Demo Bawa Pakaian Dalam Wanita, Pertanyakan Pengusaha yang Tak Punya Izin Usaha

Massa Geruduk DPMD Pamekasan Pertanyakan Tes Calon Kepala Desa Seharga Rp 25 Juta

Anggota DPRD Pamekasan yang Aniaya Istrinya Disidang, Dihukum Percobaan 3 Bulan

Berapa jumlah kerugian yang diderita pihak Indomarco, masih belum diketahui pasti. Sementara dua karyawan gudang, Suyitno dan Effendi, yang membantu memadamkan api, mengalami luka ringan di kedua kaki, akibat menginjak pecahan beling botol yang berserakan lokasi kejadian.

Untuk menjinakkan kobaran api, dua unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) dan dua tangki penyuplai dikerahkan ke lokasi dengan melakukan pembasahan. Baik di lokasi kebakaran maupun terhadap barang di samping kanan kiri lokasi, untuk menghindari percikan api.

Menurut sumber di lokasi kejadian, selama ini makanan dan minuman yang sudah kedaluwarsa dikeluarkan dari dalam gudang dan diletakkan di area terbuka di samping gudang. Kemudian sebagian barang kedaluwarsa itu dibakar untuk dimusnahkan.

Sebelum kejadian, sekitar pukul 10.00 salah seorang karyawan gudang Indomarco membakar sebagian barang kedaluwarsa.

Pada saat membakar itu, sudah ditunggui dan dilokalisir agar api tidak merembet ka barang lainnya. Begitu api padam dan hanya tinggal arangnya yang masih membara, karyawan itu meninggalkan lokasi untuk istirahat makan siang.

Rupanya, saat ditinggal itu terjadi angin kencang dan tumpukan barang yang sudah padam apinya kembali menyala dan terbang dibawa angin menimpa tumpukan karton, sehingga api berkobar dan asap mengepul, membuat sebagian karyawan yang berada di dalam gudang panik, berusaha memadamkan api.

Secara kebetulan mobil milik Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB) Pamekasan melintas di jalan raya, seusai memberikan bantuan air bersih untuk masyarakat.

Begitu melihat kepulan asap dari area gudang Indomarco, langsung masuk ke gudang untuk membantu memadamkan. Tapi karena mobil tangki itu untuk bukan untuk pemadam kebakaran, sehingga pihak FRPB menghubungi mobil damkar, yang menyalurkan air bersih.

Salah seorang anggota FRPB, Wahyudi, mengatakan, mujur kebakaran ini cepat ditangani. Seadainya terlambat waktu sedikit saja, maka seluruh gudang bisa terbakar api.

“Saya berharap, di musim kemarau ini rentan kebakaran. Karena itu, jika membakar sesuatu harus dijauhkan dari barang dan benda yang mudah terbakar, serta ditunggui untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar Wahyudi.

Kepala Gudang Indomarco, kepada Tribunjatim.com, mengatakan, jika sisa barang kedaluwarsa ini disengaja dibakar untuk dimusnahkan. Dan pemusnahan ini bisa dilakukan tiap hari tergantung kondisi. Namun tidak semua barang kedaluwarsa langsung dibakar, harus mengajukan permohonan dan persetujuan dari Indomarco pusat di Surabaya.

Penulis: Muchsin Rasjid
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved