Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam Asal Kendari di RSUD Dr Soetomo, Azila Dipasangi Plat Tulang Dada

Bayi kembar siam asal Kendari Azila masih menjalani operasi rekontruksi setelah berhasil dipisah dengan saudaranya Aqila.

Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam Asal Kendari di RSUD Dr Soetomo, Azila Dipasangi Plat Tulang Dada
ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Bayi kembar siam asal Kendari, Sulawesi Tenggara, Aqila-Azila akan menjalani operasi pemisahan di RSUD Dr Soetomo Surabaya, Jawa Timur, Rabu (14/8/2019). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Nur Ika Anisa

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Bayi kembar siam asal Kendari Azila masih menjalani operasi rekontruksi setelah berhasil dipisah dengan saudaranya Aqila.

Tim Penanganan Kembar Siam RSUD Dr Soetomo menyatakan kedua bayi sehat namun satu di antaranya harus menjalani pemasangan plat tulang dada.

Sebab, bayi kembar dempet dada dan perut (Thoracoabdomino Phagus) ini memiliki satu tulang dada.

KONDISI TERKINI Operasi Kembar Siam Aqila-Azila, Berhasil Dipisahkan, Dokter Sebut Kedua Bayi Sehat

Dokter Spesialis Bedah Toraks, dr Heroe Soebroto mengatakan, tulang dada yang dimiliki keduanya masih dalam struktur anatomi milik Aqila.

"Tidak bisa dibagi sehingga akibatnya tulang dada yang milik Aqila kami kembalikan kepada Aqila. Jadi Azila (bayi tanda kuning) memang tidak punya," kata dr Heroe Soebroto, Rabu (14/8/2019).

dr Heroe Soebroto melanjutkan, proses selanjutnya dilakukan penutupan selaput jantung dan pemasangan plat untuk menyatukan tulang rusuk kiri dan kanan menggunakan tulang dada buatan.

Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam Asal Kendari di RSUD Dr Soetomo, Aqila Dipasang Pusar Buatan

"Harus dibuat kesatuan sehingga saat bernafas naik turun sama. Saya pakai plat dan Alhamdulillah membantu dan mempercepat. Awalnya akan menggunakan kawat dianyam tetapi tidak terlalu kuat dan memakan waktu yang lama," kata dia.

Dokter memasang plat berbentuk huruf U terbalik pada rongga rusuk untuk mengganti tulang dada yang kemudian ditutup dengan kulit.

Plat pengganti tulang dada ini terbuat dari logam mulia sehingga tidak bereaksi dengan tubuh.

"Kami harus melindungi jantung kalau ditutup langsung jantung akan kecekik dan menjadi masalah jadi ada pengganti selaput jantung dan saya buat tiga plat melengkung," tutup dia.

BREAKING NEWS - 5 Jam Operasi di RSUD Dr Soetomo, Bayi Kembar Siam Aqila-Azila Berhasil Dipisahkan

Pemasangan plat menurut Heroe tidak berlangsung lama kemudian dilakukan rekontruksi.

"Dia (Azila) masih lama karena pemasangan plat. Alhamdulillah bagus dan ini sudah mau selesai rekontruksi kulit," tutup dr Heroe Soebroto.

Detik-Detik Operasi Bayi Kembar Siam Asal Kendari Aqila-Azila di Surabaya, Begini Teknisnya

Penulis: Nur Ika Anisa
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved