Liga Indonesia

Gubernur Khofifah Kukuhkan 76 Anggota Paskibraka Provinsi Jawa Timur untuk Upacara HUT RI ke-74

Paskibraka tersebut diseleksi dari 228 siswa yang kemudian diseleksi lagi hingga menjadi 76 orang.

Gubernur Khofifah Kukuhkan 76 Anggota Paskibraka Provinsi Jawa Timur untuk Upacara HUT RI ke-74
SURYA/FATIMATUZ ZAHROH
Sebanyak 76 orang Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) merah putih yang akan bertugas pada upacara HUT RI ke-74 pada 17 Agustus 2019 mendatang, dikukuhkan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (15/8/2019) malam. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Sebanyak 76 orang Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) merah putih yang akan bertugas pada upacara HUT RI ke-74 pada 17 Agustus 2019 mendatang, dikukuhkan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (15/8/2019) malam.

Mereka adalah para siswa-siswi SMA/SMK terpilih yang sudah melewati seleksi ketat dan juga diklat agar bisa lancar mengibarkan bendera merah putih di peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-74 mendatang.

Paskibraka tersebut diseleksi dari 228 siswa yang kemudian diseleksi lagi hingga menjadi 76 orang.

Mereka berasal dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur dengan komposisi masing-masing kabupaten kota diambil satu orang laki-laki dan satu orang perempuan.

Kolosal Saka Jawa Timur Warnai Peringatan Hari Pramuka ke-58, Ada Atraksi Senam hingga Semaphore

Khofifah Segera Lakukan Mutasi Jabatan Eselon II, Tinggal Tunggu Satu Tahap

Emil Dardak Disebut Cocok Gantikan Pakde Karwo di Partai Demokrat, Gubernur Khofifah: Itu Hak Beliau

Dalam prosesi pengukuhan, selain diberikan penyematan tanda pengukuhan, penyerahan duplikat bendera pusaka dan prosesi mencium bendera merah putih oleh masing-masing pemimpin pasukan Paskibraka, juga dilakukan pembacaan ikrar Paskibraka.

Khofifah Indar Parawansa mengatakan, tugas yang diemban para anggota Paskibraka bukan sembarang penugasan.

"Yang namanya bendera kebangsaan di berbagai negara dunia, menjadi simbol harkat martabat bangsa," kata Khofifah Indar Parawansa.

Paskibraka yang malam itu didampingi oleh orang tuanya, dikatakan Khofifah Indar Parawansa adalah generasi unggul penerus bangsa.

Sebelum menjalankan tugas, Paskibraka telah mengikuti diklat yang didalamnya kuat ditanamkan nasionalisme, pembinaan karakter, penguatan Pancasila, dan penguatan NKRI.

Sikap Khofifah Tunda Penyertaan Modal Bank Jatim Syariah Tuai Pro-Kontra di DPRD Jatim, Paradoks?

Respons Khofifah Saat Ditanyai Soal Tawaran Jadi Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur, Tertarik?

Meski Menang 4-0, Pelatih Arema FC Tetap Anggap Lawan Persebaya Jadi Pertandingan Tersulit

"Ini akan menjadi penguatan komitmen kebangsaan agar bisa terus dilakukan. Apalagi mereka adalah calon pengibar merah putih. Sehingga mereka menjadi simbol yang prestisius, karena tidak semua orang berkesempatan menjadi Paskibraka," ucapnya.

Selain itu, Khofifah Indar Parawansa juga berpesan pada anggota Paskibraka agar terus mengembangkan diri lewat organisasi kepemudaan, dan kemahasiswaan, agar mereka bisa memberdayakan potensi, mengembangkan jiwa kepemimpinan, kewirausahaan untuk mendukung kepentingan nasional.

Uparac HUT RI ke-74 akan diselenggarakan pada Sabtu 17 Agustus 2019 pukul 10.00 WIB di halaman Gedung Negara Grahadi, yang kemudian akan dilanjutkan dengan upacara penurunan bendera, lalu malamnya ada Pesta Rakyat dan Kuliner Gratis. (Fatimatuz Zahroh)

Yuk Subscribe YouTube Channel TribunJatim.com:

Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved