Peringati HUT RI, Rutan Medaeng Buka Kunjungan Istimewa, 600 Lebih Pengunjung Penuhi Ruang Kunjungan

Dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-74, Rutan Kelas I Surabaya atau Rutan Medaeng membuka kunjungan istimewa, Jumat (16/8/2019).

Peringati HUT RI, Rutan Medaeng Buka Kunjungan Istimewa, 600 Lebih Pengunjung Penuhi Ruang Kunjungan
TRIBUNJATIM.COM/KUKUH KURNIAWAN
Suasana kunjungan istimewa di ruang kunjungan bawah Rutan Kelas I Surabaya, Jumat (16/8/2019). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

TRIBUNJATIM.COM, SIDOARJO - Dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-74, Rutan Kelas I Surabaya atau Rutan Medaeng membuka kunjungan istimewa, Jumat (16/8/2019).

Kasie Pelayanan Tahanan Rutan Kelas I Surabaya, Ahmad Nuri Dhuka mengatakan kunjungan istimewa tersebut dibuka agar warga binaan dapat bersilahturahmi dengan keluarga.

"Kunjungan normal biasanya hari Senin hingga Kamis dan Sabtu sedangkan Jumat dan Minggu libur. Berrhubung Sabtu digunakan acara upacara kemerdekaan dan warga binaan terlalu lama tidak dikunjungi oleh keluarganya akhirnya dengan beberapa pertimbangan, Jumat kita buka untuk kunjungan," ujarnya kepada TribunJatim.com.

Sebanyak 244 Warga Binaan Rutan Medaeng Surabaya Terima Remisi Kemerdekaan

Sambut Kemerdekaan Indonesia, Warga Binaan Rutan Medaeng Gelar Tari Kolosal Massal

Ia menjelaskan karena merupakan kunjungan istimewa maka jam berkunjung dimulai pukul 08.30 hingga 11.00.

"Kalau hari biasa jam berkunjung dimulai pukul 09.00 hingga 11.00. Dan di kunjungan istimewa ini, semua warga binaan dapat dikunjungi. Dimana untuk hari ini saja, warga binaan yang melakukan pelanggaran ketertiban dan dihukum di sel isolasi dapat dijenguk," jelasnya.

Sementara itu, dibukanya kunjungan istimewa membuat ruang kunjungan rutan dipenuhi pengunjung. Sebanyak 600 lebih pengunjung memadati ruang kunjungan atas maupun bawah.

"Dari data yang kita peroleh, ada sekitar 650 lebih pengunjung datang di kunjungan istimewa ini. Kalau kunjungan rutin paling banyak sekitar 500 pengunjung saja," tambahnya.

Meski begitu, pihaknya telah melakukan antisipasi terkait membludaknya kunjungan tersebut.

"Kita tambah personil di titik pemeriksaan barang kunjungan dan pintu depan rutan. Yang biasanya dijaga oleh dua personil, masing masing kita tambah penguatan satu personil sehingga menjadi tiga personil di dua titik tersebut," tandasnya.

Penulis: Kukuh Kurniawan
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved