Harga Cabai Masih Tinggi, Disperindag Jatim: Suplay Ke Pasar Masih Minim Karena Belum Masa Panen

Harga cabai rawit merah masih terbilang cukup tinggi dipasaran, yang mencapai 72.600 perkilo nya.

Harga Cabai Masih Tinggi, Disperindag Jatim: Suplay Ke Pasar Masih Minim Karena Belum Masa Panen
TRIBUNJATIM.COM/MAYANG ESSA
Tingginya harga cabai merah di pasaran, memicu pembeli beralih untuk membeli cabai merah kering. Satu di antaranya di Pasar Wonokromo Surabaya, Rabu (21/8/2019). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Mayang Essa

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Harga cabai rawit merah masih terbilang cukup tinggi dipasaran, yang mencapai 72.600 perkilo nya. 

Data yang dihimpun TribunJatim.com di Pasar Wonokromo misalnya, rata rata berkisar Rp 70 ribu hingga Rp 75 ribu rupiah perkilonya. 

Menanggapi hal ini, Kepala Disperindag Jatim, Bagus Sasmito memaparkan alasan masih tingginya harga cabai dipasaran, khusunya daerah Jawa Timur. 

“Penyebabnya karena suplay ke pasar2 masih minim krn belum memasuki panen raya, daerah sentra penghasil cabai panen masih terbatas yaitu Banyuwangi, Malang, Blitar dan Kediri,” ungkapnya saat dikonfirmasi oleh TribunJatim.com pada, Rabu (21/8/2019). 

Proyek Frontage Road Wonokromo Sisi Barat Masih Belum Tuntas, Terhalang JPO Jadi Penyebabnya

Sebulan Lebih, Harga Cabai Rawit di Pasar Wonokromo Surabaya Tembus Rp 70 Ribu Per Kilogram

Mensiasati tingginya harga, Pihak Disperindag Jatim melakukan beberapa upaya salah satunya bekerjasama dengan bulog dan kabupaten kota melaksanakan operasi pasar cabai di 13 kabupaten/kota. 

“Kita sejak akhir juli bekerja sama dengan bulog dan kab kota untuk melaksanakan op pasar cabai di 13 kab/kota seminggu 2x op pasar, hr rabu dan jumat setiap minggunya dg kapasitas per kota 50 sd 70 kg per titik,” tambahnya. 

Selain itu, Bagus juga memaparkan himbauan Gubernur Jatim kepada bupati/walikota untuk membeli cabai dg harga petani dan dijual kembali dg harga yg sama ke konsumen langsung. 

Berdasarkan pemantauan di 116 pasar di seluruh jawa timur melalui sistem informasi ketersediaan dan harga bapok(siskaperbapo) cabai rawit terpantau harga rata2 jawa timur harga Rp 74.434

“Harga ini lebih rendah dr sehari sebelumnya atau tgl 20 yaitu Rp. 74.624 dan lebih rendah dr periode minggu kemarin dimana rata2 jawa timur rp. 80.177,” tutupnya. 

Penulis: Mayang Essa
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved