1 Muharram, Gubernur Khofifah Tanam Pohon Matoa di Masjid Al Akbar, Simbol Persaudaraan Jatim-Papua

Peringatan 1 Muharram dirayakan Gubernur Khofifah dengan menanam tanaman Matoa, di halaman Edu Park, komplek Masjid Nasional Al Akbar Surabaya

1 Muharram, Gubernur Khofifah Tanam Pohon Matoa di Masjid Al Akbar, Simbol Persaudaraan Jatim-Papua
SURYA/FATIMATUZ ZAHROH
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menanam tanaman buah Matoa, di halaman Edu Park, komplek Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Minggu (1/9/2019) pagi. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menanam tanaman buah Matoa, di halaman Edu Park, komplek Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Minggu (1/9/2019) pagi.

Gubernur Khofifah menyebut aksi menanam pohon khas Papua ini merupakan bentuk harapan agar persaudaraan Jawa Timur dan Papua bisa terus tumbuh subur.

Ia menegaskan bahwa Jawa Timur dan Papua adalah bersaudara, dalam satu bingkai NKRI.

Hal ini dibuktikan dengan tumbuh suburnya buah Matoa di Jatim, seperti di Jombang, Kediri, dan Surabaya.

(Jawa Timur Gotong Royong Kirimkan Bantuan untuk Papua, Termasuk Makanan dan 77 Dokter)

"Pesan kita adalah persaudaraan, seperti Matoa yang ternyata tumbuh dengan subur berbuah lebat di Jawa Timur. Mudah-mudahan persaudaraan kita juga tumbuh subur dan baik," ucap Khofifah.

Gubernur Khofifah mengaku melihat pohon khas Papua ini saat hadiri kegiatan di Kediri. Hasil buahnya pun terlihat sangat lebat

Kemudian gubernur Khofifah mengambil buah itu, dan menghubungi pihak Masjid Al Akbar untuk ikut mencari bibit pohon Matoa untuk ditanam.

"Alhamdulillah dapat. Hari ini, kita juga berbagi buah ini, karena belum semua mengetahui seperti apa pohonnya, bentuk buahnya serta rasanya," urainya.

Usai menanam bibit Matoa, wanita yang pernah menjabat sebagai Menteri Sosial RI ini juga berkesempatan melepas peserta Jalan Sehat Bersholawat dalam rangka memperingati Tahun Baru 1 Muharram 1441 H.

Kegiatan ini merupakan rangkaian Peringatan Hari Besar Islam Provinsi Jatim, di halaman luar Masjid Al-Akbar Surabaya.

Dalam sambutannya, GUbernur Khofifah menyampaikan, peringatan 1 Muharram bertujuan untuk memperingati perjuangan Rasulullah SAW.

Satu yang bisa jadi inspirasi ialah perjuangan Rasulullah SAW dalam membangun persemaian kehidupan yang lebih baik yang dibangun di atas pilar keberagaman dalam harmoni dan toleransi.

Reporter: Surya/fatimatuz zahroh

(BREAKING NEWS - Polisi Periksa 72 Saksi Soal Aksi di Asrama Mahasiswa Papua Surabaya)

Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved