PT KAI Pasang Beton di Perlintasan Jalan Nias Blitar Sudah Bilang ke RT, Buntut KA Kena Palang Pintu

PT KAI Pasang Beton di Perlintasan Jalan Nias Blitar Sudah Bilang ke RT, Buntut KA Kena Palang Pintu.

PT KAI Pasang Beton di Perlintasan Jalan Nias Blitar Sudah Bilang ke RT, Buntut KA Kena Palang Pintu
SURYA/SAMSUL HADI
PT KAI memasang beton di timur dan barat perlintasan sebidang Jl Nias, Kota Blitar, Minggu (8/9/2019). 

PT KAI Pasang Beton di Perlintasan Jalan Nias Blitar Sudah Bilang ke RT, Buntut KA Kena Palang Pintu

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Manajer Humas Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko mengatakan PT KAI tidak menutup total perlintasan kereta api di Jl Nias, Kota Blitar. PT KAI hanya menutup perlintasan sebidang untuk akses mobil saja.

"Kami sudah sosialisasi ke Ketua RT sebelum pemasangan beton di lokasi. Memang ada lima warga yang memiliki mobil protes dengan tindakan kami. Kami sarankan ke mereka menyampaikan protes ke Daop," kata Ixfan, Minggu (8/9/2019).

Warga Protes Pemasangan Beton Mendadak di Perlintasan KA Jl Nias Blitar, Bikin Mobil Tak Bisa Lewat

Jelang Pilwali Kota Blitar 2020, Henry dan Santoso Ambil Formulir Pendaftaran Bakal Calon Wali Kota

Ditinggal Lihat Karnaval, Warung Sate di Desa Togogan Blitar Ludes Terbakar

Ixfan menjelaskan penutupan perlintasan sebidang untuk mobil itu buntut dari insiden lokomotif tertemper palang pintu dan pengaman di lokasi pada Sabtu (7/9/2019) malam. Menurutnya, ada kendaraan roda empat yang berusaha menerobos palang pintu saat ada kereta api melintas.

Akibatnya pipa palang pintu menjorok ke jalur kereta api dan menemper lokomotif yang sedang melintas. Bodi lokomotif rusak setelah tertemper pipa perlintasan kereta api.

"Intinya kami tdk menutup total perlintasan di lokasi. Kami hanya mengambil tindakan agar pengendara mobil tidak bisa mengakses di perlintasan. Maka perlintasan kami persempit agar tidak terjadi lagi peristiwa yang sama," ujarnya.

Menurutnya, langkah itu untuk mengantisipasi agar ke depan keselamatan perjalanan kereta api lebih terjamin dan penumpang yang berada di dalamnya selamat. "Kami masih menghitung kerugian materiil mulai kerusakan lokomotif dan palang pintu," ujarnya.

Sebelumnya, sejumlah warga memprotes pemasangan beton yang dilakukan PT KAI di dekat perlintasan kereta api di Jl Nias, Kota Blitar, Minggu (8/9/2019). Warga menganggap pemasangan beton di jalan dekat perlintasan kereta api di lokasi mendadak dan tidak ada sosialisasi.

Pemasangan beton itu membuat mobil tidak bisa melintas di lokasi. Posisi beton dipasang di timur dan barat perlintasan kereta api.

Ada dua beton yang ditancapkan di tengah badan jalan baik di timur maupun di barat perlintasan.

Saat ini, hanya kendaraan roda dua yang bisa melintas di lokasi. Untuk kendaraan roda empat tidak bisa lewat di lokasi.

"Pemasangannya tadi sekitar pukul 11.00 WIB. Kami juga bingung ketika ada warga melapor masalah itu. Kami tidak diajak koordinasi sama sekali," kata Camat Sananwetan, Heru Eko Pramono.

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved