Alun-Alun Trenggalek Akan Dikonsep Majapahitan, Pemkab Gelontorkan Dana Rp 7,6 Miliar

Pemkab Trenggalek akan merenovasi Alun-alun. Renovasi difokuskan pada sisi pagar, pedestrian, dan saluran air.

Alun-Alun Trenggalek Akan Dikonsep Majapahitan, Pemkab Gelontorkan Dana Rp 7,6 Miliar
ISTIMEWA
Maket rencana pembangunan Alun-alun Trenggalek. 

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK - Pemkab Trenggalek akan merenovasi Alun-alun. Renovasi difokuskan pada sisi pagar, pedestrian, dan saluran air.

Proses itu saat ini sudah berjalan. Sisi barat alun-alun sudah mulai dibenahi. Proses renovasi itu ditargetkan rampung total pada tahun depan.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Kabupaten Trenggalek Muyono Piranata mengatakan, total anggaran yang disiapkan untuk renovasi itu Rp 7,6 miliar.

Anggaran Rp 1,6 miliar akan dipakai untuk renovasi tahap awal tahun ini. Sementara sisanya dianggarkan untuk pembenahan tahun mendatang.

“Konsepnya majapahitan,” kata Muyono, Rabu (11/9/2019).

Pengendara di Bawa Umur Dominasi Pelanggar Lalin Selama Operasi Patuh Semeru di Trenggalek

Untuk tahun ini, pagar di sisi timur dan barat alun-alun bakal dirombak. Sebagian dibangun dengan pagar bergaya majapahitan.

Sementara sebagian pagar dirobohkan. Pagar-pagar yang dirobohkan, kata Muyono, yakni yang berada di sisi pojok-pojok alun-alun.

Perobohan pagar ini untuk memperluas pedestrian yang mengelilingi alun-alun. Rencananya, pedestrian yang mengelilingi alun-alun bakal diperluas antara 2 hingga 3 meter. Saat ini, luas pedestrian itu tak sampai 2 meter.

Pelebaran ini, kata dia, karena pedestrian di alun-alun akan didesain lebih ramah pejalan kaki dan penyandang disabilitas. Pedestrian itu juga akan direndahkan dengan jalan raya.

“Sekarang masih tinggi, sekitar 30 sentimeter (cm). Ke depan paling akan cuma sekitar 10 cm dari jalan raya,” ungkap dia.

Baznas Kabupaten Trenggalek Distribusikan 78 Tangki Air Bersih ke Desa-desa Terdampak Kekeringan

Selain itu, pagar-pagar bangunan seberang alun-alun juga akan direnovasi. Pagar-agar itu akan diseragamkan dengan pagar yang ada di alun-alun. Saat ini, beberapa sisi pagar yang mengelilingi tempat itu sudah dibongkar.

“Intinya, kami akan mengangkat arsitektur Jawa Kuno. Sebelumnya ini pakai arsitektur apa, kan kurang jelas,” ucapnya.

Untuk tahun depan, renovasi akan menyentuh sisi utara dan selatan alun-alun. Pembenahan saluran air juga dilaksanakan di tahun yang sama.

“Jika nanti ada sisa anggaran, akan kami upayakan juga untuk pembenahan di sisi dalam alun-alun,” ungkap dia.

Widodo, salah satu warga Kecamatan Pogalan, Kabupaten Trenggalek, menganggapi positif rencana renovasi itu. Soalnya, alun-alun di Trenggalek termasuk salah satu tempat tujuan berkumpul warga.
“Kalau pagar dihilangkan, malah bagus. Soalnya bisa lebih modern,” kata dia.

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved