Dishub Sidoarjo Gelar Bimtek Kepada Pengusaha Operator Angkutan Penyeberangan Sungai

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sidoarjo gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada pengusaha operator angkutan penyeberangan sungai.

Dishub Sidoarjo Gelar Bimtek Kepada Pengusaha Operator Angkutan Penyeberangan Sungai
ISTIMEWA
ILUSTRASI - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sidoarjo gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada pengusaha operator angkutan penyeberangan sungai. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

TRIBUNJATIM.COM, SIDOARJO - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sidoarjo gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada pengusaha operator angkutan penyeberangan sungai.

Acara sendiri digelar di Balai Desa Penambangan Kecamatan Balongbendo, Kabupaten Sidoarjo. Dan dihadiri sebanyak 45 peserta pengusaha angkutan penyeberangan sungai dari tiga desa yaitu Penambangan, Bogempinggir, dan Jeruklegi.

Kabid Angkutan Umum Dishub Sidoarjo, Edy Sutiono mengatakan bimtek diadakan untuk memberikan edukasi keselamatan penyeberangan sungai.

"Kita edukasi tentang arti pentingnya keselamatan terkait penyeberangan sungai. Supaya tidak terjadi kecelakaan seperti yang terjadi beberapa tahun silam yaitu kapal terbalik," ujarnya kepada TribunJatim.com, Rabu (11/9/2019).

Stadion Jala Krida Bumimoro Tak Bersahabat, Persebaya U-20 Ingin Pindah ke Stadion Jenggolo Sidoarjo

Tanamkan Kesadaran Lingkungan Sejak Dini, Ratusan Siswa SD di Sidoarjo Diajak Trash Mob

Ia menjelaskan pihaknya sengaja mengundang pengusaha dari tiga desa tersebut. Dikarenakan di tiap desa terdapat sebanyak 10 titik penyeberangan sungai.

"Acara bimtek ini sendiri rutin kita adakan tiap tahunnya. Dan tidak kita adakan di desa ini saja namun juga akan diadakan di desa yang lain," tambahnya.

Di acara bimtek, para pengusaha tersebut diajarkan tentang batas maksimal muatan serta pemberian pagar pembatas pada badan perahu.

"Kita ajarkan agar jangan memaksa maksimal muatan yang dapat ditampung oleh perahu. Bila maksimalnya 8 orang ya jangan dipaksa untuk lebih dari itu. Pagar pembatas juga perlu dipasang untuk mencegah muatan perahu masuk ke sungai," pungkasnya.

Penulis: Kukuh Kurniawan
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved