Ada 36 Kecelakaan di Perlintasan Rel Area Daop 7 Madiun di 2019, PT KAI Buat Sosialisasi Keselamatan

Ada 36 Kecelakaan di Perlintasan Rel Area Daop 7 Madiun di 2019, PT KAI Buat Sosialisasi Keselamatan.

Ada 36 Kecelakaan di Perlintasan Rel Area Daop 7 Madiun di 2019, PT KAI Buat Sosialisasi Keselamatan
SURYA/DIDIK MASHUDI
Petugas memajang spanduk sosialisasi tertib lalulintas di perlintasan sebidang Jl Hasanudin, Kota Kediri, Rabu (18/9/2019). 

Ada 36 Kecelakaan di Perlintasan Rel Area Daop 7 Madiun di 2019, PT KAI Buat Sosialisasi Keselamatan

TRIBUNKEDIRI.COM, KEDIRI - Selama 2019, di wilayah Daop 7 Madiun berdasarkan data sampai 16 September 2019, telah terjadi 36 kali kecelakaan di perlintasan rel KA. Kecelakaan itu mengakibatkan 15 korban tewas.

Untuk menekan angka kecelakaan PT KAI Daop 7 Madiun melakukan sosialisasi keselamatan di perlintasan sebidang Jl Hayam Wuruk, Kota Kediri.

Belasan Tahun Hidup Terbatas dengan Dipasung di Kediri, Pria Alami Gangguan Jiwa Akhirnya Meninggal

Aksi Nekat Pria Kediri Curi Motor Tetangga, Congkel Pintu Dapur saat Rumah Sepi, Berujung Bui

Polisi Temukan Puluhan Bahan Kosmetik Ilegal di Kamar Kos Kediri, si Pemilik Langsung Menghilang

Sosialisasi dilakukan dengan membagi brosur dan penjelasan kepada pengendara yang melintas, Rabu (18/9/2019).

Kegiatan sosialisasi ini diikuti Wisnu Pramudyo, Vice President Daop 7 Madiun, menggandeng kepolisian, dinas perhubungan serta pemerintah daerah.

Diungkapkan Wisnu Pramudyo, sosialisasi diharapkan muncul kesadaran masyarakat untuk menaati aturan lalu lintas di perlintasan sebidang semakin meningkat.

Karena pelanggaran lalu lintas di perlintasan sebidang tidak saja merugikan pengendara jalan, tetapi juga perjalanan kereta api.

“Perlintasan sebidang merupakan perpotongan antara jalur kereta api dan jalan yang dibuat sebidang. Perlintasan sebidang muncul dikarenakan meningkatnya mobilitas masyarakat menggunakan kendaraan yang harus melintas atau berpotongan langsung dengan jalan kereta api," jelasnya.

Tingginya mobilitas masyarakat dan meningkatnya jumlah kendaraan yang melintas memicu timbulnya permasalahan yaitu terjadinya kecelakaan lalu lintas di perlintasan sebidang.

Daop 7 Madiun mencatat data terupdate 30 Agustus 2019 terdapat 268 perlintasan sebidang yang resmi dan 8 perlintasan sebidang yang tidak resmi. Sedangkan perlintasan tidak sebidang baik berupa flyover maupun underpass berjumlah 47 perlintasan.

Halaman
12
Penulis: Didik Mashudi
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved