Tiga Partai Politik di Sampang Belum Ajukan Pencairan Dana Banpol

Di tahun 2019 total anggaran yang tersedia untuk dana Bantuan Partai Politik (Banpol) di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur mencapai Rp 1,4 miliar.

TRIBUNMADURA.COM/HANGGARA PRATAMA
Plt Kepala Bakesbangpol Sampang, Jaya Abrianto saat di temui ke ruangannya Kantor Bangkesbangpol Sampang, Jalan Trunojoyo Kecamatan/Kabupaten Sampang, Jumat (20/9/2019). 

TRIBUNMADURA.CO, SAMPANG - Di tahun 2019 total anggaran yang tersedia untuk dana Bantuan Partai Politik (Banpol) di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur mencapai Rp 1,4 miliar.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 1 tahun 2018 tentang Bantuan Keuangan Kepada Partai Politik menjelaskan bahwa:

dana banpol adalah bantuan keuangan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang diberikan secara proporsional kepada Parpol yang mendapatkan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

penghitungannya berdasarkan jumlah perolehan suara.

(Pengusaha Jember Hendy Siswanto Kembalikan Formulir Bacabup via PDIP, Siap Koordinasi dengan Parpol)

Sedangkan dalam tahun ini terdapat dua tahapan pencairan dana Banpol yang diberikan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Sampang, kepada 11 partai politik.

Tahap pertama diberikan pada bulan Januari hingga Agusutus dan tahap kedua pada bulan Sepetember hingga Desember.

Plt Kepala Bakesbangpol Sampang, Jaya Abrianto mengatakan di tahap pertama sudah ada 8 parpol yang telah mengajukan pencairan dana banpol antara lain PKB, PPP, Demokrat, Gerindra, Nasdem, Golkar, Hanura dan PAN.

"Ada 3 Parpol yang belum mengajukan dana banpol pada tahap pertama yaitu PDIP, PKS dan PBB," ujarnya kepada TribunMadura.com, Jumat (20/9/2019).

Untuk dana Banpol tahap pertama mengacu pada perolehan suara Parpol pada pemilu tahun 2014-2019.

Sedangkan tahap kedua mengacu pada perolehan suara Parpol pada pemilu tahun 2019-2024.

(Mantan Ketua DPRD Kota Surabaya Diperiksa Kejari Tanjung Perak Terkait Kasus Korupsi Jasmas 2016)

"Setelah pencairan tahap pertama selesai, Parpol dapat mengajukan dana banpol di tahap kedua," tutur Jaya Abrianto.

Dijelaskan, penggunaan dana Banpol diperuntukkan untuk melaksanakan pendidikan politik bagi anggota Parpol dan masyarakat serta digunakan untuk operasional sekretariat Parpol.

Saat disinggung terkait Parpol yang belum mengajukan dana banpol, Jaya menyampaikan bahwa pihaknya telah memberikan himbauan kepada Parpol untuk segera melakukan pencairan dana banpol.

"Kami sudah menyurati Parpol yang belum melakukan pencarian dana banpol, tapi itu semua hak preogratif dari Parpol, jadi kami kembalikan semuanya pada Parpol," pungkasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved