Mas Ipin Janji Belikan Tiket untuk Warga Trenggalek yang Ingin Pulang dari Wamena, Warga Bisa Donasi

Pemerintah Kabupaten Trenggalek akan membiayai tiket pulang bagi warganya yang masih berada di Wamena, Papua.

Mas Ipin Janji Belikan Tiket untuk Warga Trenggalek yang Ingin Pulang dari Wamena, Warga Bisa Donasi
SURYA/HAYU YUDHA PRABOWO
PENGUNGSI KERUSUHAN WAMENA - Polwan menghibur anak pengungsi kerusuhan Wamena usai turun dari pesawat Hercules TNI AU yang membawanya di Lanud Abdulrachman Saleh Malang, Kamis (3/10/2019). Sebanyak 107 pengungsi kerusuhan Wamena dari Jawa Timur, Jawa Tengah dan Medan tiba di Malang untuk dikembalikan ke daerah asal. 

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK - Pemerintah Kabupaten Trenggalek akan membiayai tiket pulang bagi warganya yang masih berada di Wamena, Papua.

Hingga saat ini, tercatat 47 warga Trenggalek di Wamena menyampaikan bahwa mereka ingin pulang.

Selain itu, ada 18 warga yang sudah mengungsi ke Jayapura juga ingin pulang.

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin mengatakan, pemkab akan menggunakan dana kebencanaan untuk pembelian tiket tersebut.

(11 Warga Sampang Madura Kembali Dipulangkan dari Wamena Papua, Dijemput Langsung oleh Bupati)

"Bukan APBD, dana kebencanaan yang pernah dihimpun untuk kebencanaan, masih sekitar Rp 250 juta," ujarnya, Sabtu (5/10/2019).

Keputusan untuk membelikan tiket pulang bagi warganya karena pemkab merasa jadwal pemulangan via pesawat Hercules terlalu lama.

Warga Trenggalek mendapat jatah di angkatan 81. Padahal, pemberangkatan hingga awal pekan lalu baru sampai di kloter 18.

Total, ada sekitar 116 warga Trenggalek yang berada di Wamena. Tak semua warga berhasrat pulang. Mereka adalah yang punya aset di Wamena.

"Saya utus Pak Sekda untuk mengirim bantuan tunai juga di sana. Bagi masyarakat yang ingin berdonasi, kita akan buka rekening donasi," sambung pria yang akrab disapa Mas Ipin itu.

(Tiba di Lanud Iswahjudi, 8 Warga Jatim Perantau di Wamena Diajak Makan dan Ngopi oleh Bupati Madiun)

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Kabupaten Trenggalek Ratna Sulistyowati menambahkan, total anggaran tiket pulang warga Trenggalek di Wamena sekitar Rp 160 juta.

Halaman
12
Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved