5 Bulan Lebih Jatim Belum Diguyur Hujan, Ribuan Warga Salat Istisqa Bersama Ulama dan Forkopimda

Ribuan masyarakat dari banyak elemen bergabung dengan elemen vertikal mendirikan sholat istisqa bersama ulama dan forkopimda

5 Bulan Lebih Jatim Belum Diguyur Hujan, Ribuan Warga Salat Istisqa Bersama Ulama dan Forkopimda
SURYA/FATIMATUZ ZAHROH
Ribuan masyarakat dari banyak elemen bergabung dengan Forkopimda Jawa Timur mendirikan salat istisqa atau salat memohon hujan dalam acara Istighosah dan Doa Bersama halaman di Mapolda Jawa Timur, Minggu (6/10/2019) pagi. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Ribuan masyarakat dari banyak elemen bergabung dengan elemen vertikal mendirikan salat istisqa dalam acara Istighosah dan Doa Bersama halaman di Mapolda Jawa Timur, Minggu (6/10/2019) pagi.

Jajaran Forkopimda Jawa Timur, Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Irjen Pol Luki Hermawan, Pangdam V/Brawijaya Mayjend TNI Whisoe PB dan juga jajaran samping turut hadir mendirikan salat memohon hujan yang dipimpin langsung oleh Ketua MUI Jawa Timur Abdussomad Buchori.

Doa memohon hujan ini didirikan lantaran sudah lebih dari lima bulan Jawa Timur belum diguyur hujan.

Selain itu sejumlah daerah di Jatim juga mengalami kekeringan.

INFO BMKG:  Beberapa Wilayah Indonesia Diprediksi Hujan, Pulau Jawa Cerah Berawan, Simak Lengkapnya!

Bahkan di sejumlah titik di Jawa Timur juga mengalami kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Oleh sebab itu, salat istisqa ini dengan khidmat didirikan.

Dengan mendirikan salat dua rakaat memohon hujan tersebut masyarakat Jawa Timur berharap segera ditutunkan hujan dan kemarau panjang bisa segera berakhir.

"Jadi hari ini kita mendirikan salat istisqo', ini proses yang diseyogyakan dalam agama Islam saat terjadi kemarau panjang. Kita memohon agar diturunkan hujan yang memberi berkah. Dan anjurannya memang di tanah lapang begini," kata Gubernur Khofifah usai salat dan doa bersama.

Menurutnya, salat ini memohon turunnya hujan khususnya di titik titik yang mengalami kebakaran hutan dan lahan dan kekeringan.

BMKG Prediksi Malang Baru Diguyur Hujan Pekan Pertama November, Diprediksi Bisa Ada Banjir Besar

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu yang lalu hingga kemarin di kawasan Gunung Arjuno, Panderman, Semeru, Raung juga terjadi kebakaran hutan.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved