Liga Indonesia

Prestasi Persebaya Surabaya Tak Lepas dari Investasi Pembinaan Pemain Usia Muda

Buah dari pembinaan pemain muda menghasilkan tim Persebaya Surabaya U-20 juara Liga Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 U-20 2019.

TRIBUNJATIM.COM/NDARU WIJAYANTO
Persebaya U-20 harus puas dengan hasil imbang 1-1 saat menjamu PSS Sleman dalam laga perdana babak 8 besar Liga 1 U-20 2019 di Stadion Jala Krida Bumimoro, Selasa (10/9/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYAPersebaya Surabaya merupakan satu klub di Indonesia yang konsisten menaruh perhatian besar terhadap pembinaan pemain muda.

Buah dari pembinaan pemain muda menghasilkan tim Persebaya Surabaya U-20 juara Liga Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 U-20 2019.

Prestasi tersebut tak lepas dari investasi dan proses pembinaan pemain muda dari adanya kompetisi internal Persebaya Surabaya.

Kompetisi yang diikuti 20 klub di Surabaya itu menjadi "pabrik" pemain Persebaya Surabaya.

Manajer tim EPA Persebaya Surabaya, Yahya Alkatiri, mengatakan prestasi mentereng ini tidak lepas dari pembinaan maksimal yang selama ini Persebaya Surabaya lakukan.

“Kami adalah satu-satunya klub yang punya kompetisi amatir, kompetisi internal yang diikuti 20 klub. Di situlah pusat pembinaan sebenarnya pemain kami,” terang Yahya Alkatiri, Senin (21/10/2019).

Gabung Timnas U-23 Indonesia, Rachmat Irianto Tak Bisa Bela Persebaya Surabaya dalam Waktu Lama

Jelang Tira Persikabo Vs Arema FC, Satu Pemain Singo Edan Angkat Koper Lebih Awal

Persebaya Surabaya U-17 Buka Keran Lolos 8 Besar Piala Soeratin U-17 2019

Karena rata-rata pemain yang memperkuat Persebaya Surabaya di EPA merupakan pemain-pemain yang ditempa di kompetisi internal.

Dengan status itu, maka disebut Yahya Alkatiri, tidak sulit memompa semangat pemain di EPA saat membela Persebaya Surabaya.

“Sebagian besar mereka banyak dari kompetisi internal, jadi mereka pasti kalau pakai nama Persebaya lebih bangga,” tutur Yahya Alkatiri.

Berkat tampil apik bersama Persebaya Surabaya, sejumlah nama jebolan kompetisi internal Persebaya Surabaya kini perkuat Timnas Indonesia.

Seperti di Timnas U-16 ada Marcelino Ferdinand, Ruy Arianto, Dio Rizky Saputra, dan Wahyu Agong Drajat Mulyono.

Timnas Indonesia Ikut Menikmati Program Pembibitan Pemain Usia Muda Persebaya Surabaya

Hanya Butuh 29 Menit untuk Anthony Sinisuka Ginting Amankan Tiket Babak Kedua French Open 2019

Halaman
12
Penulis: Khairul Amin
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved